Home Buleleng Round Up Idul Fitri di Kampung Singaraja Tradisi Megibung Tetap Lestari

Idul Fitri di Kampung Singaraja Tradisi Megibung Tetap Lestari

42
0
SHARE

Singaraja, Umat Islam di kampung Singaraja memiliki tradisi unik yang telah diterima dari para leluhur mereka. Tradisi berupa makan bersama dikenal dengan istilah Banca’an atau megibung. Warga setempat usai melakukan Sholat Idul Fitri mengambil makanan ke rumah masing-masing. Selanjutnya makanan itu dibawa ke masjid untuk disantap bersama. Tampak hadir pada kesempatan itu penglingsir puri Buleleng Anak Agung Parwata Panji serta ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna.

Salah seorang tokoh masyarakat Kampung Singaraja Agus Murjani mengakui jika hingga kini tak ada satupun tetua desa yang tahu kapan warisan budaya leluhur ini dimulai. Namun demikian dari cerita yang diterimanya dari para tetua kampong yang berlokasi di belakang pasar Buleleng menyebutkan bahwa tradisi ini tak bisa dilepaskan dari sejarah persaudaraan warga Kampung Singaraja yang berdampingan dengan keberadaan Puri Buleleng.

Ditempat yang sama Pengelingsir Puri Kanginan Singaraja Anak Agung Parwata Panji mengatakan kekerabatan warga kampong Singaraja dengan Puri kanginan sejak lama sangat erat. Salah satu bukti adalah penyerahan lahan kerajaan kepada warga untuk perkampungan serta lokasi pembangunan masjid yang ada saat ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna berharap agar tradisi megibung ini tetap lestari ditengah perkembangan jaman saat ini. Sebab melalui acara megibung akan dapat memupuk rasa persaudaraan antar umat beragama dan warga setempat.(tut/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.