Home Buleleng Round Up Hasil Pembinaan Dini, Belasan Siswa Spenfour Raih Medali

Hasil Pembinaan Dini, Belasan Siswa Spenfour Raih Medali

96
0
SHARE
Foto: Kepala SMP Negeri 4 Singaraja memberikan motivasi kepada siswa yang berprestasi Jumat (18/09).

Sambangan, Dua belas siswa SMP N 4 Singaraja meraih medali dalam ajang lomba akademik yang diselenggarakan Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI).

Prestasi kembali ditorehkan belasan siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Sebanyak 12 orang siswa berhasil meraih medali dalam ajang lomba empat mata pelajaran tingkat nasional yang diselenggarakan POSI pada Minggu lalu. Meskipun pandemi, sekolah tetap memotivasi siswa dan guru pembina untuk tetap aktif dan meraih prestasi. Seperti yang dilakukan Kepala SMP Negeri 4 Singaraja disekolah setempat Jumat 18 September 2020. Belasan siswa yang meraih medali tersebut tetap dimotivasi untuk meningkatkan prestasi, pun demikian tidak boleh membusungkan dada, dengan apa yang sudah diraihnya.

Salah seorang siswa Hikam Ramadanny yang berhasil meraih medali perak dalam bidang lomba Bahasa Inggris mengungkapkan pembinaan dilakukan dengan daring maupun tatap muka, tentunya dengan mengetatkan protokol kesehatan. Siswa asal desa Pemaron ini mengatakan segala persiapan mengikuti lomba telah difasilitasi sekolah. “Kalau dari lomba tidak ada kendala internet, tapi dari soal lumayan bikin tegang karena jumlah soal yang banyak dan waktu yang terbatas. Dari soal-soal itu selanjutnya ada review, jadi itu saya pelajari lagi agar lebih baik kedepannya,”ungkapnya.

Siswa lainnya Putu Agus Sumertayasa berhasil meraih medali emas dalam lomba Matematika. Menurut Agus, semakin banyak lomba yang ia ikuti akan memperkaya wawasan dan juga pengalamannya. “Hal uniknya saya menjawab sedikit tapi berhasil mendapat emas. Dari 40-an soal saya hanya jawab 20an. Soal itu mungkin untuk kelas 9 dan SMA, tapi untuk pelajaran SMP dasarnya sering lupa,”terangnya.

Kepala SMP Negeri 4 Singaraja Putu Budhiastana mengungkapkan pembinaan yang dilakukan kepada siswa bukan hanya berkaitan dengan mata pelajaran, namun strategi menjawab soal seperti memahami persyaratan lomba juga ditekankan sehingga siswa meraih nilai yang maksimal. “Untuk saat ini penempatan siswa di dua kelas prestasi hanya berdasarkan jalur prestasi di sekolah dan perankingan nilai. Ada juga beberapa anak yang dari sertifikat yang disodorkan kita bina terus di masing-masing mata pelajaran yang mereka minati,”pungkasnya.

Lebih lanjut Kasek Putu Budiastana mengatakan pembinaan sudah dilakukan sejak siswa menginjak kelas 7 sesuai dengan minat yang dimiliki. “Ini harus dipersiapkan karena tidak instan. Pembinaan tatap muka saya koordinasikan lagi dengan guru pembina seperti apa pembinaan yang dilakukan, protokol kesehatan harus diterapkan, dan yang terpenting ijin dari orang tua. Biasanya dijadwalkan 3 hari tatap muka dan 3 hari daring, tidak menutup kemungkinan siswa bisa berkonsultasi di luar jadwal tersebut,”imbuhnya.

Adapun siswa lain yang berhasil meraih medali pada ajang yang sama yaitu Medali perak IPA berhasil diraih Putu Rajendra Pradana Putra; Medali perak IPS diraih Putu Prema Cahyani; Medali perak Bhs Inggris diraih oleh Sarah Burn; Medali Perunggu IPA diraih Putu Nadya Indraswari, Putu Ayudiarani dan Joshua Setia Imanuel; Medali perunggu IPS diraih Gede Deva Ardita Dirgayusa dan Km Tri Dana Kusuma; serta Medali Perunggu Bhs Inggris diraih Putu Wirasita Pradnyani dan Kadek Maharani Suardi.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.