Home Buleleng Round Up Hasil Nekropsi Belum Pastikan Spesies Paus Terdampar

Hasil Nekropsi Belum Pastikan Spesies Paus Terdampar

30
0
SHARE

Singaraja, Mamalia Paus yang terdapar di Pantai Penimbangan pada Jumat lalu telah dilakukan Nekropsi. Namun dari hasil Nekropsi iti, belum dapat dipastikan jenis Paus yang terdampar pada pecan lalu itu.

Bangkai paus yang terdampar pada pekan lalu di Pantai Penimbangan telah dilakukan Nekropsi atau identifikasi untuk mengetahui spesies dari paus tersebut. Jenis Paus yang dikabarkan merupakan Paus Pilot ternyata salah. Dari hasil nekropsi yang dilakukan oleh tim Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar bersama dengan Dokter Hewan Megafauna Akuatik Indonesia belum diketahui secara pasti jenis mamalia laut yang memiliki panjang dua meter lebih itu.

Dokter Hewan Megafauna Akuatik Indonesia drh. Made Merdana mengatakan, meskipun secara fisik sudah dapat dipastikan jenis Pau situ adalah jenis Paus Kepala Melon/Melon Head Whale, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk lebih memastikan bahwa mamalia laut itu adalah Melon Head Whale. Tim nekropsi pun telah mengambil sampel dari seluru bagian tubuh hingga organ dalam dari paus itu untuk diuji lab kembali.

Dokter Hewan Megafauna Akuatik Indonesia drh. Made Merdana menambahkan, setelah dilakukan nekropsi, bangkai paus itu selanjutnya dimusnahkan dengan cara ditenggelamkan kembali ke laut dengan alasan bangkai paus tersebut masih dalam kondisi baik dan masih bisa menjadi makanan bagi hewan laut lainnya. “Bangkainya ini harus dimusnahkan. Dengan baik memang harus dikembalikan ke laut. Jadi kita lakukan penenggelaman dengan proses dibungkus menggunakan jaring dulu dan ditenggelamkan pada kedalaman 20 meter dan jarak minimal 50 meter dari pantai,”ungkapnya.

Setelah diidentifikasi dengan cara dibedah, penyebab kematian dari mamalia laut itu diketahui karena gigitan dari ikan hiu. Hal itu diketahui dari beberapa gigitan dan juga lubang-lubang yang terdapat pada bagian tubuh bangkai paus itu.(dyn/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.