Home Buleleng Round Up Harga Daging Babi Turun Jelang Hari Raya

Harga Daging Babi Turun Jelang Hari Raya

21
0
SHARE

Singaraja, Stok daging babi menjelang hari raya masih aman, namun dengan adanya isu wabah babi yang beredar maka permintaan terhadap daging babi ikut menurun.

Wabah yang mematikan puluhan ekor babi di Bungkulan ternyata berpengaruh pada harga daging babi dipasar tradisional. Daging babi yang biasanya dijual dengan harga 70ribu perkilonya, cenderung turun menjadi 65ribu perkilo. Hal ini tentunya membawa dampak perekonomian pada pedagang daging babi di pasar tradisional.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Buleleng Dewa Made Sudiarta mengatakan turunnya harga daging babi dikarenakan stok daging yang banyak namun permintaan justru sedikit. Pihaknya secara kontinyu menjaga ketersedian stok daging babi jelang hari raya Galungan dan Kuningan. “Kita menjaga ketersediaan stoknya agar aman dan atara permintaan dan permintaannya seimbang. Kalaupun ada kenaikan itu karena ada hari raya, tapi kita tetap kendalikan supaya tidak drastis naik harganya. Kita juga lihat saat ini tidak ada stok berlebih,”ungkapnya.

Ditanya soal hubungan antara menurunnya permintaan daging babi dan isu wabah babi belakangan ini, Kadis Sudiarta menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu khawatir dan tetap mengolah bahan makanan terutama daging dengan bersih dan memasaknya hingga matang. “Kita sudah diskusi dan selanjutnya akan kita konsultasikan lebih lanjut ke instansi terait khususnya tentang babi ini,”tutupnya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.