Home Artikel Kesehatan Hal Ini Yang Menyebabkan Perubahan Pada Payudaramu

Hal Ini Yang Menyebabkan Perubahan Pada Payudaramu

778
0
SHARE

perubahan pada payudara, kenapa payudara mengalami perubahan, faktor yang menyebabkan perubahan bentuk pada payudara
Image from vemale.com


Pernahkah kamu merasa bahwa payudaramu mengalami perubahan dari waktu ke waktu? Tentunya para wanita pernah menyadari ada hal yang berbeda terjadi pada payudara mereka.

Perubahan pada payudara wanita dimulai ketika mereka memasuki periode pubertas, kemudian ketika memasuki usia dewasa, masa kehamilan dan yang terakhir yaitu masa menopause. Kadar hormon estrogen dan progesteron yang berubah-ubah pada tubuh wanita yang menyebabkan perubahan ini terjadi.

Setiap wanita wanita normal pasti akan mengalami perubahan-perubahan berikut pada payudaranya, diantaranya:

Perubahan yang terjadi sebelum menstruasi. Perubahan pada payudara yang terjadi pada tahap ini diatur oleh peran penting dari hormone estrogen dan progesteron, dimana terjadinya siklus menstruasi ditentukan oleh kadar hormon ini. Jadi perubahan yang kita rasakan pada payudara sebelum siklus menstruasi tersebut dimulai, itu disebabkan oleh peran hormon- hormon ini. Memasuki waktu menstruasi, kita akan merasakan jika payudara kita membesar dan juka terkadang timbul rasa nyeri, dimana hal ini dikarenakan oleh adanya perubahan vaskular dan limfogen. Dan biasanya perubahan ini akan berkurang ketika masa menstruasi akan berhenti, dan akan terjadi lagi seterusnya di siklus menstruasi berikutnya.

Perubahan pada payudara wanita juga terjadi selama masa kehamilan. Umumnya pertanda awal kehamilan ditunjukan oleh perubahan-perubahan yang terjadi pada payudara. Seperti misalnya, kebanyakan wanita merasakan payudara mereka terasa penuh, tegang, kemudian areola berubah warna menjadi lebih gelap, dan juga pembesaran yang terjadi di daerah puting selama beberapa minggu setelah kehamilan. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita. Jadi untuk para wanita, ini adalah perubahan yang memang mesti dilalui sebagai seorang calon ibu.

Setelah melahirkan, selama masa menyusui perubahan pada payudara juga terjadi, karena tentunya hal ini dipengaruhi oleh tuntutan produksi ASI yang diperlukan untuk menyusui si bayi. Jadi payudara akan mengalami pembesaran beberap kali lipat tergantung dari pola makan si bayi. Disamping itu, para ibu mungkin juga merasakan putting susunya pecah-pecah dan sakit, namun jangan khawatir karena selama bebrapa waktu hal ini akan berangsur membaik.

Terakhir yaitu perubahan pada payudara ketika wanita memasuki masa menopause. Ketika wanita mulai menua memasuki usia 30an, payudaranya pun ikut menua. Payudara mulai turun karena jaringan glandular yang digantikan oleh jaringan lemak, dan penurunan produksi hormon estrogen dan progesteron pada wanita. Umumnya akan timbul rasa nyeri dan benjolan di daerah payudara. Untuk rasa nyeri dapat diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, sedangkan biasanya benjolan yang timbul mengarah ke kista payudara.

Perubahan yang anda rasakan pada payudara tidak selalu mengarah ke kanker payudara, jadi jangan terlalu panik ketika anda merasakan perubahan yang tidak pernah anda rasakan pada payudara anda sebelumnya.
Source:  Astrid Savitri, 2015. Kupas Tuntas Kanker Payudara Leher Rahim dan Rahim. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.