Home Buleleng Round Up Gerokgak Gelar Jambore Ranting Tingkat SD dan MI

Gerokgak Gelar Jambore Ranting Tingkat SD dan MI

23
0
SHARE

Celukan Bawang, Satu inovasi didalam pengembangan pendidikan kepramukaan dilakukan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Gerokgak dengan mengelar ajang Jambore Ranting yang melibatkan peserta berpangkalan di SD dan MI.

Kegiatan Jambore di pramuka tidak saja milik pramuka yang berpangkalan di SMP, namun kegiatan tersebut juga diikuti pramuka yang berpangkalan di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang tentunya harus berusia 11 hingga 13 tahun dan telah masuk sebagai Pramuka Penggalang. Hal itulah yang mendorong Kwarran Gerokgak mengelar kegiatan Jambore Ranting dengan melibatkan 55 peserta dari Pramuka Penggalang yang berpangkalan di SD dan MI di Kecamatan gerokgak.

Ketua Kwarran Gerokgak Hermanto, Rabu siang usai penutupan Jambore Ranting Gerokgak di Lapangan Desa Celukan Bawang Kecamatan Gerokgak mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan sebagai wadah evaluasi pembinaan di gugus depan dan juga meningkatkan tali persaudaraan serta memberikan edukasi kepada peserta.

Camat Gerokgak, I Made Juartawan sebagai Kamabiran Gerokgak mengatakan pentingnya kegiatan kepramukaan yang diberikan kepada peserta didik sejak dini sehingga mampu mengurangi pengaruh negatif serta mampu membentuk generasi muda dengan mental positif untuk pembangunan. “Kegiatan ini sangat positif karena bagian dari membentengi generasi muda sekarang dari pengaruh negatif apalagi dengan kehadiran sosial media sekarang. Jika tidak diimbangi dengan kegiatan positif  mereka tidak terbentuk karakter yang baik. Semoga dengan kegiatan ini mereka menjadi generasi yang mandiri, disiplin, dan memiliki cita-cita dan masa depan yang baik,”ungkapnya.

Kegiatan jambore ranting yang berlangsung selama tiga hari di Lapangan Desa Celukan Bawang selain mengevaluasi berbagai kegiatan pembinaan kepramukaan yang dilakukan para pembina pramuka di masing-masing gugus depan, juga mengelar kegiatan wisata edukasi dengan menyasar Pelabuhan Celukan Bawang dan Pelabuhan Semen Tonasa termasuk memberikan mitigasi bencana alam melalui kegiatan simulasi yang dilakukan Tim Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Kwarran Gerokgak.

Edukasi lain dalam kegiatan perkemahan besar pramuka penggalang tingkat SD dan MI itu juga berkaitan dengan program pemerintah untuk mengurangi timbunan sampah plastik dengan melakukan aksi bersih-bersih di sekitar areal perkemahan serta mengenalkan bahaya plastik terhadap para peserta.(tha/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.