Home Artikel Kesehatan Gerakan Yoga Untuk Kesehatan Jantung

Gerakan Yoga Untuk Kesehatan Jantung

Pernahkah anda mengikuti latihan yoga? Tentunya kita sudah taka sing lagi mengenai manfaat luar biasa dari gerakan yoga ini. Banyak studi menunjukkan jika latihan tambahan yoga dapat memberikan dampak pemulihan yang cukup signifikan bagi jantung yang tidak sehat.

2162
0
SHARE
yoga, penyakit jantung, cegah jantung koroner
Image from vemale.com

Pernahkah anda mengikuti latihan yoga? Tentunya kita sudah taka sing lagi mengenai manfaat luar biasa dari gerakan yoga ini. Banyak studi menunjukkan jika latihan tambahan yoga dapat memberikan dampak pemulihan yang cukup signifikan bagi jantung yang tidak sehat. Selain itu, dampak mekanisme juga akan terjadi pada pasien yang pernah mengalami gagal jantung dengan secara teratur melakukan latihan yoga.

Yoga merupakan jenis gerakan aerobic, sehingga dengan melakukan latihan yoga itu akan mengakibatkan adanya penuruna tanda-tanda inflamasi dalam tubuh. Maka dari itu, pasien gagal jantung sangat direkomendasikan melakukan yoga untuk perbaikan kualitas jantungnya.

Konsultasikan kesehatan anda>> Health Care Personal Consultation

Secara garis besar, latihan yoga memiliki dua manfaat, yakni manfaat fisiologis dan manfaat psikologis. Bagaimanakah manfaat fisiologis ataupun psikologis dari yoga?

Manfaat Fisiologis Yoga

Pertama, dengan secara teratur melakukan latihan yoga, hal itu dapat menurunkan risiko untuk mengalami serangan jantung. Hal ini dikarenakan gerakan yoga dapat melenturkan pembuluh darah, sehingga pembuluh darah dapat berkontraksi dengan lebih baik. Jika pembuluh darah sudah berkontraksi dengan baik, maka alhasil aliran darah pun menjadi lancar, dan penyumbatan pada pembuluh darah akan terhindari. Kedua, yoga dapat mencegah dan membantu mengatasi depresi dan anxiety. Dengan melakukan yoga tingkat depresi dan kecemasan kita akan diturunkan, karena seperti yang kita ketahui jika gerakan yoga merupakan salah satu latihan pengendalian pikiran agar tetap tenang.

Manfaat Psikologis Yoga

Secara psikologis, yoga dapat menurunkan dorongan kompetisi tanpa menurunkan tingkat semangat kita. Seperti yang kita ketahui, hal-hal yang bersifat kompetitif seringkali akan membuat kita tertekan dan menjadi stres, jadi melalui gerakan yoga, kita akan diajarkan untuk tetap fokus, sehingga kita akan tetap tenang dan terhindar dari stres. Selanjutnya yaitu, yoga merupakan salah satu jalan untuk mengenali diri. Mengapa demikian? Gerakan yoga juga terdiri darigerakan meditasi, dimana pada tahap inilah kita akan mengenali diri. Dengan mengenali diri dengan baik, kita akan mengetahui lebih baik mengenai kondisi tubuh dan tentunya kita akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk kesehatan tubuh kita.

Jadi itulah manfaat yoga yang mungkin belum anda ketahui. Karena manfaat fisiologis dan psikologis yang sangat baik dari latihan ini, maka bagi penderita jantung, mereka sangat disarankan untuk mengikuti program yoga demi pemulihan kualitas jantung mereka.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: 6 Makanan Sehat Untuk Meredakan Amarah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.