Home Buleleng Round Up GELORA 2019, Jadi Ajang Evaluasi Lembaga Pendidikan

GELORA 2019, Jadi Ajang Evaluasi Lembaga Pendidikan

67
0
SHARE

Banjar Bali, Selain sebagai acara rutin tahunan, Gebyar Lomba Mata Pelajaran GELORA 2019 juga sebagai ajang evaluasi bagi sedkolah dasar yang ada di Buleleng.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Disdikpora Kabupaten Buleleng Gde Dharmaja Jumat (08/02) pagi usai membuka kegiatan Gebyar Lomba Mata Pelajaran GELORA 2019 di SMP N 1 Singaraja.

Dharmaja mengungkapkan, ajang Gelora ini selain sebagai acara rutin tahunan yang diselenggarakan SMP N 1 Singaraja, juga sebagai ajang evaluasi bagi sekolah dasar yang ada di Buleleng dalam memberikan pembelajaran kepada siswanya. Serta sejauh mana pemahaman siswa terhadap pelajaran yang diberikan.

Kepala SMP N 1 Singaraja Ni Putu Karnadhi mengatakan, GELORA tahun ini merupakan GELORA yang pertama kali diselenggarakan dengan inovasi baru. Yakni dengan lebih menonjolkan kemampuan siswa berbicara didepan umum melalui story telling yang dilombakan pada bidang Bahasa Inggris. “Di bahasa inggris soalnya lebih menekankan storytelling. Karena storytelling nanti akan dilombakan di bidang literasi nasional”,ungkapnya.

Sementara itu, Kadisdikpora Buleleng Gde Dharmaja pun mengapresiasi kegiatan GELORA 2019 di SMP N 1 Singaraja. Dengan adanya inovasi baru pada bidang Bahasa Inggris dapat melatih siswa untuk mampu berbicara dalam bahasa asing dan tampil didepan umum. “Yang beda sekarang di studi bahasa inggris dulu knowledge kalau sekarang storytelling. Dari storytelling tersebut kita tahu kemampuan siswa seperti apa”,ujarnya.

Gelora tahun ini dirancang denga format baru, diliat dari jenis mata pelajara dan tipe soal yang dilombakan. Dengan model baru ini diharapkan sekolah lebih fokus dan mudah dalam menyiapkan siswa yang akan diikutsertakan.

Perubahan format ini sekaligus sebagai jawaban dari hasil evaluasi pelaksanaan lomba sebelumnya dan sebagai implementasi dari sekolah berintegritas. Adapun juaranya yakni pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris :

Juara 1 Komang Angel Novianti SD NBBS
Juara 2 Putu Angelina Devi Wahyuni SD N 3 Banjar Jawa
Juara 3 Luh Tiara Nandini SD N 4 Kampun Baru

Pada Mata Pelajaran IPS :

Juara 1 Putu Aninda Kyan Putri SD N 3 Banjar Jawa
Juara 2 Putu Depa Prabananta SD N 3 Banjar Jawa
Juara 3 Putu Endita Dian Ayuni SD N 1 Sangsit

Pada Mata Pelajaran IPA :

Juara 1 Albert Yohanes Li SD Lab Undiksha Singaraja
Juara 2 I Putu Rajendra Pradana Putra SD N 3 Banjar Jawa
Juara 3 Bara Shofa Hafnan SD N 3 Bajar Jawa

Pada Mata Pelajaran Matematika :

Juara 1 Made Dio Sugianda Prabawa SD Lab Undiksha Singaraja
Juara 2 IGN Agung Dipta Narayana SD N Banjar Jawa
Juara 3 Aero Dalvin Sidi SD NBBS

(dyn/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.