Home Buleleng Round Up Gelar FGD BSSN RI Launching Gov-CSIRT

Gelar FGD BSSN RI Launching Gov-CSIRT

39
0
SHARE

Jakarta, Dalam rangka melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI melauncing Government-Computer Security Incident Response Team (Gov-CSIRT) saat menggelar forum diskusi di Jakarta.

BSSN RI mempunyai tugas melaksanakan keamanan  siber nasional secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan dan mengkonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber. Untuk menjalankan tugas tersebut perlu dilakukan sosialisasi layanan, diseminasi informasi dan diskusi dalam rangka pemahaman dan penyamaan persepsi di lingkungan instansi pemerintah. Melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Rabu (10/07) di Krakatau Ballroom, Hotel Mercure Convention Center Ancol Jakarta Kepala BSSN RI Letjen Purn TNI Hinsa Siburian meluncurkan situs website Gov-CSIRT.

Kepala Bidang Persandian Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng Gopi Suparnaca selaku Ketua Satgas CSIRT Buleleng menjelaskan CSIRT Buleleng terbentuk atas sinergitas dan kolaborasi dari stakeholder terkait. Dukungan dari BSSN RI diawali dari berkunjungnya tim pusat untuk menilai seberapa tinggi tingkat keamanan siber serta memberikan bintek kepada staff dan jajaran programmer di Diskominfosandi Buleleng.untuk meningkatkan keamanan jaringan internal.

Selanjutnya Penerapan Computer Security Insident Response Team di Pemkab Buleleng terus didorong, sehingga pola sinergitas kolaborasi lebih efektif dalam penanganan insident siber guna menjaga  keamanan siber Nasional. Hal ini akan di tindak lanjuti dengan merapatkan barisan bersama team satgas CSIRT Buleleng dan programmer internal Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng.

Seperti  diketahui keamanan informasi dalam menyelenggarakan e-government di tingkat pusat maupun daerah menjadi sasaran empuk serangan siber. Dampaknya pun sangat merugikan pemerintah. Untuk itu dengan hadirnya situs Gov-CSIRT diharapkan mempermudah pemerintah untuk melaporkan insiden siber yang terjadi dimasing-masing instansi dengan cara masuk ke situs govcsirt.bssn.go.id.(tut/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.