Home Buleleng Round Up Gelar Evaluasi Kinerja, LPD Ambengan Mantapkan Program Baru

Gelar Evaluasi Kinerja, LPD Ambengan Mantapkan Program Baru

18
0
SHARE

Ambengan, Gelar Evaluasi Kinerja Triwulan III Tahun 2019, LPD Desa Adat Ambengan mantapkan empat program baru.

LPD Desa Adat Ambengan menggelar evaluasi kinerja dan penyampaian RK dan RAPB tahun 2020 bersama pengawas dan prajuru LPD Jumat pagi di Aula Kantor LPD Desa Adat Ambengan. Rapat yang rutin dilakukan setiap tahun tersebut berdasarkan realisasi RK dan RAPB September tahun 2019. Yang disusun adalah rencana kuantitatif seperti sumber dana, penggunaan dana, perkreditan, pendapatan, biaya, dan laba. Sedangkan rencana kualitatif membahas beberapa poin di antaranya pemantapan program LPD, penurunan suku bunga, dan perkreditan. Kepala LPD Desa Adat Ambengan Made Nyiri Yasa, S.Sos., MMA menjelaskan ada 4 program LPD yang akan dimantapkan kembali di tahun yang akan datang yaitu Tabungan hari tua plus, Simpanan hari raya (siraya), Tabungan pensiunan swasta (tapesta), dan kredit simpanan berjangka. “Program ini sebenarnya kita tinggal mantapkan lagi, karena launching sudah tahun lalu namun dirasa belum maksimal disosialisasikan oleh para pegawai kita,”ungkapnya.

Kelian Desa Adat Ambengan Made Puterawa selaku pengawas intern LPD bertugas untuk mencari informasi terkait pandangan krama desa terhadap LPD. Dan hingga saat ini belum ada laporan negatif terhadap keberadaan LPD Desa Adat Ambengan. “Krama desa sudah tahu manfaat LPD di ambengan ini luar biasa, utamanya untuk kebutuhan dana di desa adat seperti ngaben massal gratis. Disamping itu apa yang dibutuhkan krama yang berhubungan dengan dana dapat ditransaksikan di LPD,”ujarnya.

Menurut Kerta Desa, Desa Adat Ambengan Putu Juwita perkembangan LPD Desa Adat Ambengan sangat luar biasa karena mampu berkembang dalam situasi dan kondisi sekarang. “Beberapa yang macet sebenarnya bukan masalah, karena beberapa kredit macet adalah warga kami sehingga bisa diselesaikan secara kekeluargaan,”imbuh Juwita.

Sementara Perbekel Desa Ambengan  I Gede Suberata menuturkan banyak program LPD yang sangat membantu krama desa. Ia berharap krama tetap bisa menjaga LPD Ambengan sehingga dapat terus membantu dalam kegiatan di desa. “Saya berharap sekali dari seluruh masyarakat desa ambengan untuk menjaga LPD tetap jaya agar terus dapat memberikan sumbangsih terhadap masyarakat kita, terutama memberikan pelayanan kredit dan kegiatan di desa,”tutup Suberata.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.