Home Buleleng Round Up Gelar Bimtek, BPOM Cetak Ormas Jadi Kader Keamanan Pangan

Gelar Bimtek, BPOM Cetak Ormas Jadi Kader Keamanan Pangan

39
0
SHARE

Tukadmungga, Badan pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menggelar bimtek kepada perwakilan organisasi masyarakat untuk mencetak kader keamanan pangan.

Sebanyak 49 orang perwakilan dari organisasi masyarakat di Buleleng mengikuti bimtek keamanan pangan yang diselenggarakan BPOM Provinsi Bali melalui Loka POM Kabupaten Buleleng bertempat di Bali Taman Beach Resort and Spa, Selasa 28 Juli 2020. Bimtek Kader Keamanan Pangan digelar sebagai bagian dari Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman (Germas SAPA).

Kepala Loka POM Kabupaten Buleleng Made Ery Bahari Hantana mengungkapkan, pelaksanaan Bimtek dibagi menjadi tiga tahap, yaitu penyeleksian calon peserta, tahap dua pemberian materi oleh narasumber, dan tahap ketiga yaitu penilaian post test. “Tentu saja disamping nilai mereka harus mempunyai kemampuan berkomunikasi, itu sudah kami umumkan dalam surat ke organisasi masing-masing. Ini kita harapkan bisa tersambung dan materi yang kita berikan bisa menambah wawasan mereka lebih banyak lagi,”terangnya.

Kepala Loka POM Ery Bahari menambahkan sebagai perpanjangan tangan pemerintah, kader diharapkan dapat melakukan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi  ditingkat perseorangan sehingga bisa menerapkan prinsip-prinsip keamanan pangan. “Dalam hal pengawasan mungkin dikaitkan dengan hal pembinaan. Karena kewenangan untuk melakukan tindakan itu tidak ada. Kader bisa melaporkan pelanggaran yang beresiko. Usaha pertama adalah kami melakukan pembinaan, jika beresiko dan tidak bisadilakukan pembinaan baru kita melangkah ke proses hukum,”imbuhnya.

Materi Bimtek disampaikan secara daring oleh Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha serta Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Denpasar. Selain itu, disampaikan pula oleh Kepala Loka POM Kabupaten Buleleng.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.