Home Buleleng Round Up Gantikan Rastra, Dinsos Sosialisasi BPNT

Gantikan Rastra, Dinsos Sosialisasi BPNT

76
0
SHARE

Banjar Tegal, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buleleng menggelar sosialisasi Bantuan sosial berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sesuai dengan Perpres nomor 63 tahun 2017 tentang bantuan sosial secara non tunai, Pemerintah pusat yang dalam hal ini kementrian sosial menerbitkan BPNT sebagai bentuk dari transformasi bansos pangan Beras Sejahtera (Rastra). Peralihan dari Bansos rastra menjadi BPNT telah dijadwalkan kementrian sosial pada tahap I pada bulan Juni 2019. Untuk memberikan pemahaman mengenai mekanisme program BPNT, Dinsos Buleleng menggelar sosialiasi kepada 330 peserta yang berasal dari anggota tim koordinasi program bansos pangan kabupaten, camat sekabupaten buleleng, perbekel dan lurah, dan pihak terkait lainnya di Gedung Wanita Laksmigraha Singaraja Rabu (22/05).

Menurut Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos Buleleng Nyoman Mariani Febrianti ada 4 tahapan sebelum BPNT di salurkan. Pada tahap registrasi Dinsos akan turun ke desa untuk menyesuaikan data yang diberikan oleh kementrian sosial, setelah data cocok akan dibuatkan rekening dan dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). “Untuk setiap bulan akan ada penyaluran paling lambat tanggal 25 setiap bulan. Uang direkening senilai 110ribu. Bisa dibelanjakan di e-warung yang ditunjuk BRI. Pembelanjaannya hanya untuk beras dan atau telur, tidak boleh yang lain dan tidak bisa ditarik tunai,”ungkapnya.

Asisten bidang Ekonomi Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat dan Layanan Pengadaan Setda Buleleng Ni Made Rousmini,S.Sos berharap dengan pengadaan BPNT, bantuan bisa lebih tepat sasaran dan menghindari penyimpangan.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.