Home Buleleng Round Up Dunia Jadikan Pemuteran Model Pengembangan Wisata Berbasis Masyarakat

Dunia Jadikan Pemuteran Model Pengembangan Wisata Berbasis Masyarakat

23
0
SHARE

Pemuteran, Desa Pemuteran di Kecamaatn Gerokgak dijadikan model pengembangan pariwisata berbasis masyarakat

Sedikitnya tigapuluh pelaku pariwisata dari Negara Asia-Pasifik belajar soal pariwisata kerakyatan di desa pemuteran kecamatan Gerokgak. Mereka ingin melihat secara langsung fisik pengembangan pariwisata berbasis masyarakat serta strategi yang diterapkan sehingga desa pemuteran berhasil merubah sesuatu yang amat dramatis dari kerusakan lingkungan yang sangat parah menjadi destinasi dunia.

Salah seorang pelaku pariwisata yang juga owner hotel Taman Sari Anak Agung Prana Jumat (24/11/2017) mengatakan Pemuteran kini telah menjadi role model dunia dalam pengembangan pariwisata berbasis kerakyatan. Adapun kunci kesuksesan dalam pengembangan pariwisata adalah kebersamaan dalam komitmen. Para pelaku pariwisata dari Asia-Pasifik  itu melakukan pengamatan selaam duahari yakni 24-25 Nopember.

“Sesungguhnya kata kunci dari keberhasilan sebuah role model pariwisata adalah kesadaran kolektif dari masyarakat dalam spirit kebersamaan. Dalam spirit tersebut kita akan sharing kepentingan bersama dan tujuan bersama sehingga menumbuhkan harapan baru yang mengiring mereka masuk dlaam kolektif komitmen,”jelasnya

Kadispar Nyoman Sutrisna menyambut bangga kehadiran puluhan pelaku pariwisata mancanegara tersebut guna menimba ilmu di desa Pemuteran. Dispar menurut Sutrisna telah mengusulkan Pemuteran sebagai Kawasan Strategis Pengembangan Nasional.

“Dinas Pariwsata telah membuat KSPN Pemuteran dan Menjangan sebagai suatu model yang nantinya model ini kita sampaikan ke Kementerian Pariwisata. Tujuan kami adalah untuk bisa diberikan modal dalam pembangunan infrastruktur yang sudah dikemas dalam KSPN Pemuteran dan Menjangan,”ungkapnya.(Wir)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.