Home Buleleng Round Up Dua Caleg Golkar Terjerat Pelanggaran Administrasi Pemilu

Dua Caleg Golkar Terjerat Pelanggaran Administrasi Pemilu

88
0
SHARE

Kendran, Dua Caleg partai Golkar masing-masing Putu Gede dan I Gede Wisnaya keduanya caleg pada Dapil V yang meliputi Kecamatan Banjar dan Busungbiu, dijerat kasus pelanggaraan administrasi Pemilu.

Dua majelis Pemeriksa Bawaslu Buleleng masing-masing Putu Sugi Ardana dan Made Carna Wirata menyatakan berkas yang diajukan oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan banjar memnuhi syarat formal dan material. Putusan itu disampaikan pada sidang di bawaslu Buleleng dengan agenda pemeriksaan syarat formal dan material tehadap temuan Pengawas Pemilu Kecamatan Banjar pada sidang Selasa (12/02) Seperti disampaikan ketua majelis pemeriksa Putu Sugi Ardana.  Kedua caleg yang dijerat pelanggaran administrasi pemilu itu maisng-maisng caleg partai Golkar nomor urut 6 dapil Buleleng V atas nama Putu Gede dan   caleg Partai Golkar nomor urut 2 Dapil V yang meliputi Kecamatan Banjar dan Busungbiu  atas nama Gede Wisnaya. Keduanya dijerat dnegan pelanggaran administrasi pemilu sebagaimana diatur Pasal 454 ayat 2 UU RI Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yunto Perbawaslu pasal 24 nomor 8 tahun 2018 tentang penanganan pelanggarana administratif,  Adapun syarat formal telah terpenuhi diantaranya identitas Pelapor:nama Putu Arya Bagia sebagai Panggota panwascam banjar dan  terlapor atas nama Putu Gede dan I Gede Wisnaya adalah caleg DPRD Buleleng sebagaimana keputusan KPUD Buleleng. Sedangkan syarat material meliputi obyek pelanggaran yang dilaporkan serta peristiwanya sudah memenuhi unsur. “Mengadili menyatakan temuan pelanggaran administrasi pemilihan umum di terima, kedua menyatakan dua pelanggaran administrasi pemilihan umum ditindaklanjuti dengan sidang pemeriksaan”,ungkapnya.

Sebelumnya anggota majelis pemeriksa Made Carna Wirata membeberkan bahwa caleg partai golkar nomor urut 6 dapil Buleleng V atas nama Putu Gede melakukan pelanggaran administrasi karena tidak melaporkan kegitan  kampanye yang digelar pada tanggal 2 Pebruari di desa Sidatapa Kecamatan banjar.

Hal serupa dilakukan oleh caleg Partai Golkar nomor urut 2 Dapil V yang meliputi Kecamatan Banjar dan Busungbiu  atas nama Gede Wisnaya. Caleg partai beringin ini melakukan kampanye tanpa pemberitahuan kepada pihak kepolisian setempat pada tanggal 3 Pebruari 2019 di desa banyuseri Kecamatan Banjar.

Sesuai jadwal kedua terlapor akan disidangkan hari ini pada sidang Adjudikasi di Bawaslu Buleleng jalan Bisma Singaraja.(tut/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.