Home Buleleng Round Up Dosen PGSD STKIP Ruteng Ikuti Promosi Doktor Undiksha

Dosen PGSD STKIP Ruteng Ikuti Promosi Doktor Undiksha

22
0
SHARE

Banjar Tegal, Dosen yayasan prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Santu Paulus Ruteng, Manggarai, NTT lulus promosi doktor dengan IPK cumlaude.

Adalah Sabina Ndiung,  mahasiswa pascasarjana Undiksha program studi S3 Pendidikan dasar yang kini telah resmi bergelar doktor.  Sabina berhasil menyelesaikan kuliah doktornya dalam kurun waktu 3 tahun,  sebuah pencapaian besar mengingat ia aktif sebagai dosen di STKIP Santu Paulus Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Mengambil judul desertasi Pengaruh Model Treffinger Berpendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Keterampilan Dalam Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Dengan Kovariabel Kemampuan Numerik Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar, Sabina lulus dengan IPK 3.91 dengan predikat cumlaude.

Sabina Ndiung ditemui di sela-sela sidang terbuka promosi doktornya mengatakan penelitiannya berfokus kepada keterampilan pendidikan abad 21. Guru perlu mengedepankan proses keterampilan berfikir kreatif melalui latihan-latihan soal yang memerlukan syarat-sarat khusus dalam penyelesaiannya. Hasil penelitian desertasinya akan secara terus menerus diimplementasikan pada sistem pembelajaran. “Penelitian ini akan diterapkann secara kontinyu, karena yang dihasilkan saat ini masih pada topik tertentu dan akan dikembangkan pada topik lainnya. Rencananya akan saya share ke guru melalui pelatihan atau on service KKG,”ungkapnya.

Sementara itu Direktur Pascasarjana Prof. Dr. I Wayan Suastra M. Pd menyampaikan promosi doktor kali ini merupakan yang keempat kalinya di prodi S3 Pendidikan Dasar. Lulusan diharapkan untuk terus berkarya sehingga dapat berkontribusi untuk kemajuan kedepan.

Promotor Promosi Doktor Sabina Ndiung Prof. Dr. Nyoman Dantes mengatakan desertasi yang diajukan Sabina merupakan sebuah penemuan baru di dunia pendidikan. Hal tersebut perlu dituangkan kedalam penelitian sehingga hasilnya dapat diterapkan di sekolah.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.