Home Buleleng Round Up Distan Buleleng Kembangkan Penanaman Padi Sistem Salibu

Distan Buleleng Kembangkan Penanaman Padi Sistem Salibu

250
0
SHARE

Bengkel, Guna meningkatkan ketahanan pangan di kabupaten Buleleng, Dinas Pertanian kabupaten Buleleng  mencoba penanaman padi dengan sistem Salinan Ibu disingkat Salibu.

Panen perdana dengan sistem Salibu dilaksanakan Kamis (11/01/2018) pada Subak Bukit Telu desa Bengkel Kecamatan Busungbiu pada lahan  seluas duabelas setengah hhectar  dapat mengasilkan padi sebanyak 6 ton gabah kering giling. Hasil produksi lebih banyak dibandingkan dengan sistem tanah konvensional lainnya.”Pengolahan lahan tanah tidak dilakukan karena sudah ada tanaman lama yang dipotong , penggunaan bibit tidak memerlukan, persemaian juga tidak dilakukan sehingga disini ada penghematan hingga 4 juta perhectar  serta efisiensi biaya air,”terangnya

Kadis pertanian Nyoman Swatantra usai melakukan panen perdana menjelaskan Salibu merupakan sebuah terobosan baru sistem tanam dengan hanya memotong batang padi pada saat panen. Penanaman dengan sistem ini bisa meningkatkan produktiofitas serta lebih irit dalam pemeliharaan.

Kadis pertanian Nyoman Swatantra menambahkan sistem Salibu dapat dilaksankaan hingga tiga kali panen dengan percepatan panen dari penanman konvensional hingga 25 hari. Pada tahun ini sistem salibu akan dikembangkan pada tiga kecamatan masing-masing Buleleng, Busungbiu dan  Sukasada. Sistem penanaman dengan Salibu merupakan jawaban atas kendala yang dihadapi para petani daalm meningkatkan produktifitas petani diantaranya dampak perubahan iklim global, persediaan air yang terbatas, serangan hama penyakit serta adanya alih fungsi lahan. (Wir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.