Home Buleleng Round Up Diserahkan ke Sekolah, Naskah Ujian Mulai Disusun

Diserahkan ke Sekolah, Naskah Ujian Mulai Disusun

67
0
SHARE

Singaraja, Menjelang USBN, Tim penyusun naskah ujian mulai mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan naskah soal, sehingga selesai tepat waktu.

Khusus untuk tingkat SMP, USBN dilakukan pada bulan April. Sehingga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng melalui tim penyusun naskah ujian mulai lebih awal melakukan penyusunan agar bisa selesai tepat waktu. Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Disdikpora Buleleng Made Astika Kamis pagi. Ia menjelaskan sesuai Permendikbud No 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. Maka Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) tidak lagi mengeluarkan  POS USBN. Dengan kata lain, penyelenggaraan USBN dikembalikan ke masing-masing satuan pendidikan. “Dinas Pendidikan menyambut baik dengan kondisi efisiensi anggaran. Jadi mulai hari ini semua MGMP mapel diSMP sudah mlakukan proses penyusunan kisi-kisi termasuk hingga tersediannya bank soal untuk pelaksanaan USBN,”ungkapnya.

Lebih lanjut Astika menjelaskan karena UN terakhir akan dilakukan pada tahun ini serta USBN yang telah diserahkan pelaksanaannya kepada masing-masing satuan pendidikan, maka pihaknya memaksimalkan fungsi MGMP untuk melakukan semua kegiatan yang berkaitan dengan penilaian yang ada di sekolah. “Sudah mulai start tanggal 22 januari dari 11 mapel kita bagi berdasarkan zonasi untuk menyusun itu. Dan output dari kegiatan itu adalah berupa naskah USBN yang masternya akan diserahkan ke masing-masing satuan pendidikan untuk digandakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,”imbuhnya.

Proses penyusunan naskah hingga menghasilkan bank soal oleh tim penyusun naskah ujian akan dilakukan sebelum bulan April. Setelah susunan naskah ujian siap maka selanjutnya akan dirakit oleh tim khusus sehingga kerahasiaan soal terjaga. Soal penggandaan naskah ujian akan diserahkan masing-masing ke satuan pendidikan sehingga bisa disesuaikan dengan anggaran yang ada.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.