Home Buleleng Round Up Disdikpora Tegaskan Sekolah Harus Miliki Minimal 650 Judul Buku

Disdikpora Tegaskan Sekolah Harus Miliki Minimal 650 Judul Buku

22
0
SHARE

Banjar Tegal, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menegaskan kepada seluruh sekolah SD hingga SMP untuk memiliki enam ratus lima puluh judul buku yang disimpan dalam perpustakaan sekolah.

Sebuah perpustakaan sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam sebuah sekolah. Perpustakaan yang selama ini dikenal dengan jejeran buku yang tertata dalam sebuah rak buku serta dilengkapi dengan beberapa meja dan kursi untuk membaca kini tak lagi demikian. Ruang untuk membaca tidak saja terpaku dalam sebuah ruangan besar dengan dikelilingi buku-buku. Namun, ruang baca dapat dilakukan dimana saja semasih media baca yang ada terpenuhi dan memadai. Umumnya setiap sekolah diberbagai jenjang pasti memiliki ruang perpustakaan dengan koleksi buku yang beragam.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng I Made Astika menegaskan, koleksi buku pada jenjang SD hingga SMP minimal memiliki enam ratus lima puluh judul buku dengan tenaga pustakawan yang memiliki kualifikasi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng I Made Astika menjelaskan, sebanyak 476 SD di Kabupaten Buleleng sudah memiliki ruang perpustakaan. Akan tetapi sebanyak 175 SD masih memanfaatkan ruang yang tak terpakai untuk ruang perpustakaan. Namun hal itu tidak menjadi masalah. Hal paling penting yakni jumlah buku yang tersedia untuk bisa dibaca dan dimanfaatkan oleh siswa sebagai media pembelajaran. “Lagi 175 itu memiliki ruang perpustakaan, ada yang menggunakan mess, ada bilik baca. Kalau menukik permasalahannya ada di koleksi judul buku. Padahal setiap tahun kita berikan terus dan pada tahun 2019 ada 1080 judul buku yang kita akan berikan ke sekolah tersebut,”ungkapnya.(dyn/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.