Home Buleleng Round Up Digitalisasi Wajib Dilakukan Koperasi

Digitalisasi Wajib Dilakukan Koperasi

34
0
SHARE

Banyuasri, Digitalisasi pada koperasi wajib dilakukan di Kabupaten Buleleng untuk mendorong sinergitas koperasi termasuk upaya pengembangan melalui berbagai tekhnologi daalam melakukan tata kelola koperasi.

Pemanfaatkan tekhnologi secara digital pada Koperasi memiliki nilai strategis dalam upaya pengeembangan dan sinergitas antar koperasi maupun dengan lembaga keuangan lainnya, sehingga di Kabupaten Buleleng setiap koperasi diwajib untuk memanfaatkan digitalisasi tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Buleleng, Dewa Made Sudiarta usai membuka kegiatan seminar perkoperasian di Gedung Dekopinda Buleleng, Jumat 16 Oktober 2020 menegaskan kewajiban digitalisasi yang harus dimanfaatkan setiap koperasi di Kabupaten Buleleng. “Digitalisasi ini sudah menjadi keharusan apalagi kita tengah dalam kondisi tidak boleh berkerumun. Sehingga dengan digtalisasi diharapkan koperasi bisa bersinergi dengan perbankan dan masyarakat lebih tertarik menyimpan uangnya di koperasi apalagi koperasi yang menjadi pelaku umkm,”ungkapnya.

Plt Dekopinda Kabupaten Buleleng, Nengah Tanaya mengatakan, dalam kegiatan yang dilakukan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten Buleleng untuk memastikan dan meningkatkan kemampuan koperasi untuk pemanfaatan digitalisasi termasuk pengetahun secara hukum berkaitan dengan jamninan atau angunan. “Jangan sampai membuat perjanjian dengan calon nasabah tidak sesuai dengan standar hukum yang ada,”terangnya.

Dalam ajang seminar perkoperasian yang digelar selama sehari dengan melibatkan sejumlah anggota koperasi di Kabupaten Buleleng juga mengenalkan proses sinergitas antar lembaga keuangan yang dilakukan secara digital dalam tata kelola dan manajemen keuangan.(tha/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.