Home Buleleng Round Up Dewan Sesalkan Pemprop Pangkas Subsidi JKN KIS

Dewan Sesalkan Pemprop Pangkas Subsidi JKN KIS

44
0
SHARE

Paket Agung, Ditengah gencarnya DPRD Buleleng memperjuangkan kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat, Pemprop Bali memangkas anggaran subsidi untuk Jaminan Kesehatan Nasional bagi pemegang Kartu Indonesia Sehat, KIS.

Pemangkasan jatah Buleleng tersirat dari Surat Gubernur Bali nomor 50/03-HK/2018 tentang bantuan keuangan bersifat khusus bidang kesehatan kepada Kabupaten melalui APBD Propinsi bali 2018. Pada lampiran surat tersebut dicantumkan bahwa sharing JKN untuk Kabupaten Buleleng sebesar Rp. 16.808.688.282. Surat tertanggal 21 Pebruari 2018 sangat disesalkan oleh Ketua Komisi IV DPRD Buleleng Gede Wisnaya Wisna. Ditemui di gedung dewan Rabu (16/05) Wisnaya mengatakan kebijakan gubernur ini merupaakn anti klimaks dari upaya untuk mebeirkan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Buleleng pada khususnya dan bali pada umumnya. Dipaparkan bahwa pada tahun 2017 lalu dana sharing dari Pemprop Bali sebesar 21 miliar rupiah sehingga terjadi penurunan sebesar 5 miliar rupiah. Kondisi ini tentu akan sangat berat bagi pemkab Buleleng. Padahal Pemkab Buleleng menurut politisi partai Hanura ini telah memebrikan kesmepatan kepada setiap desa/kelurahan untuk menambah masing-maisng 150 KK untuk mendpaatkan jatah JKN KIS.

Ketua Komisi IV DPRD Buleleng Gede Wisnaya Wisna menambahkan pada tahun 2017 lalu JKN KIS mengcover 117 ribu peserta dengan anggaran sebesar 35 miliar rupiah. Padahal target Buleleng hingga mencapai 150 ribu peserta JKN KIS. “Sejak awal tahun ada tambahan usulan dari masyarakat sekarang ada 133.000 KK yang bisa dibiayai”, ungkapnya.

Untuk itu pihaknya akan melakukan konsultasi ke Dinas Kesehatan Bali dan DPRd bali untuk mempertanyakan kebijakan Gubernur asal Buleleng tersebut.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.