Home Buleleng Round Up Desa Kalibukbuk Pastikan Nyepi Tanpa Ogoh-Ogoh

Desa Kalibukbuk Pastikan Nyepi Tanpa Ogoh-Ogoh

59
0
SHARE

Kalibukbuk, Perayaan Nyepi di Desa Kalibukbuk dipastikan tanpa mengarak ogoh-ogoh dan penyelenggaraan kegiatan ngembak gni tidak diselenggarakan.

Menindak lanjuti himbauan  pemerintah terkait penanganan dan pencegahan COVID-19, Pemerintah Desa Kalibukbuk menggelar rapat lanjutan terkait perayaan hari raya nyepi yang melibatkan Desa Adat Pakraman Kalibukbuk dan Banyualit, LPM, BPD, Karang Taruna serta perwakilan dari masing-masing perwakilan kelompok pemuda, Jumat (20/3) bertempat di kantor Kepala Desa Kalibukbuk.

Dalam rapat tersebut dihasilkan beberapa Keputusan bersama diantaranya peniadaan pengarakan ogoh-ogoh disaat hari pengrupukan.

Perbekel Desa Kalibukbuk Ketut Suka mengungkapkan, langkah ini merupakan antisipasi pemerintah Desa Kalibukbuk dalam pencegahan penyebaran COVID-19 mengingat Desa Kalibukbuk merupakan kawasan pariwisata yang berbaur langsung dengan wisatawan asing. “bahkan melastipun diatus dan ada yang tidak melakukan pelastian, jadi ada yang hanya prajuru saja yang datang untuk melakukan Kala ias atau mabersih”,ujarnya.

Namun kedepan pemerintah desa merencanakan ogoh-ogoh yang sudah dibuat akan dilombakan untuk mewadahi kreatifitas karang taruna. “Sambil menunggu situasi kondusif kita akan lombakan rencananya, namun waktunya belum pasti,”terangnya.

Sementara itu ketua muda-mudi dari Dusun Kalibukbuk Gede Rudi mengungkapkan, secara pribadi perasaan kecewa pasti ada mengingat usaha dalam membuat ogoh-ogoh sudah dilakukan dari jauh hari tetapi melihat kondisi dilapangan dan  demi kepentingan bersama harus menerima hasil keputusan bersama. “Kita di STT Banjar Menerima dan menganggap inilah jalan yang terbaik untuk menyelamatkan orang banyak dari penularan virus corona,”jelasnya.

Selain tanpa pengarakan ogoh-ogoh, Pemerintah Desa Kalibukbuk tahun ini tidak menyelenggarakan acara hiburan rakyat pada hari ngembak gni seperti yang sudah rutin dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya.(eta/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.