Home Buleleng Round Up Desa Bubunan Jadi Percontohan Pembentukan Puskesos

Desa Bubunan Jadi Percontohan Pembentukan Puskesos

68
0
SHARE

Bubunan, Desa Bubunan Kecamatan Seririt menjadi percontohan dalam pembentukan Program Pusat Kesejahteraan Sosial dibawah naungan Dinas Sosial Buleleng.

Bertempat di ruang rapat Kantor Kepala Desa Bubunan, Senin 26 Oktober 2020, Perbekel Desa Bubunan bersama Ketua BPD, Kelian Banjar, Aparat Desa, Babinkantibmas dan Tokoh Masyarakat Desa Bubunan menyelenggarakan pertemuan sebagai upaya menindak lanjuti arahan Dinas Sosial kabupaten Buleleng untuk membentuk Program Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) dimasing-masing desa.

Desa Bubunan merupakan Desa pertama yang melakukan pembentukan PUSKESOS khususnya di Kecamatan Seririt dan umumnya Kabupaten Buleleng, langkah ini merupakan respon cepat Pemerintah Desa dengan program dari Pemerintah Daerah khususnya Dinas Sosial dalam bidang data dan pelayanan masyarakat. Berdasarkan hasil musyawarah mufakat yang digelar, diputuskan nama PUSKESOS Bayu Dharma Guna.

Perbekel Desa Bubunan Ketut Gunarsana mengungkapkan, secara keseluruhan Pemdes Bubunan sudah sepakat dalam pembentukan puskesos ini dan kedepan pihaknya akan segera menggelar musyawarah desa untuk mengesahkan struktur kepengurusan dari Puskesos Bayu Dharma Guna. ”Jujur dalam arti sebenarnya saya evaluasi bahwa data yang kita cari harus tepat sasaran, oleh karena itu kami siap melaksanakan dan segara membentuk musyawarah desa dalam rangka pengesahan nama stukturisasi pengurusan puskesos,”ungkapnya.

Kepala Dinas Sosial I Putu Kariaman Putra,S.Sos,MM mengungkapkan, pihaknya akan memfokuskan Desa Bubunan sebagai percontohan PUSKESOS sehingga memerlukan pendampingan khusus terkait teknis-teknis dalam pembentukan PUSKESOS ini, kedepan pihaknya berharapap minimal di setiap Kecamatan telah siap satu desa percontohan, sehingga menjadi tolak ukur di Desa/Kelurahan setiap Kecamatan.”Desa Bubunan kita fokuskan sebagai pilot projek puskesos sehingga kita memerlukan pendampingan khusus teknis bagaimana pembuatan puskesos ini , dan kita siapkan testimoni dan lanjut menjadi baromter kepada desa desa lain,”ujarnya.(eta/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.