Home Buleleng Round Up Dagrpin Sidak Harga dan Takaran Jelang Hari Raya Harga Cabai Merangkak Naik

Dagrpin Sidak Harga dan Takaran Jelang Hari Raya Harga Cabai Merangkak Naik

98
0
SHARE

Kampung Anyar, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dagprin bersama instansi terkait Senin (12/03) melakukan pemantauan terhadap harga dan takaran pada sejumlah lokasi.

Dari pemantauan yang dilakukan di pasar Anyar Satu Singaraja, harga cabai mulai merangkak naik, demikian halnya dengan harga daging dan harga beras. Walau demikian harga tersebut masih dalam batas kewajaran dan harga eceran tertinggi.

Kadis Perdagangan dan Perindustrian kabupaten Buleleng Ketut Suparto mengatakan tujuan pemantauan adalah untuk menjaga harga stabil dan stock terjamin menjelang hariraya Nyepi dan Pagerwesi. Hasilnya diakui harga yang merangkak naik bervariasi namun masih dlaam batas wajar dengan kisaran duaribu hingga limaribu rupiah atau dibawah harga eceran tertinggi, HET. “Biasanya jika hari raya harga cabai naik, biasanya harga cabai 35-40 ribu. Dari minggu lalu sudah mulai merangkak mulai 50ribu sampai 60 ribu. Beberapa kita pantau ternyata harganya bervariasi”,pungkasnya

Terkait pemantauan  takaran dan timbangan, kadis Dagprin Ketut Suparto mengatakan dari sampel yang dilakukan para pedagang menggunakan takaran dan timbangan yang sesuai dengan ukuran bahan yang ditimbang.

Salah seorang pedagnag daging babi Wayan Merta mengakui terjadinya kenaikan harga duaribu rupiah. Pedagang yang berdomisili di Kelurahan Kampung Anyar ini mengatakan kenaikan terjadi sejak  duahari lalu dan kemungkinan akan terjadi kenaikan lagi hingga hari raya nyepi mendatang.

Hal senada disampaikan Made Suri. Pedagang cabai di pasar anyar satu singaraja ini mengakui terjadinya kenaikan harga cabai kecil hingga limaribu rupiah. Itupun belum stabil mengingat biasanya pada hari raya pasokan tersendat sehingga kenaikan harga tak bisa terelakkan.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.