Home Artikel Kesehatan Cara Pencegahan Rambut Rontok

Cara Pencegahan Rambut Rontok

597
0
SHARE


Cara Pencegahan Rambut Rontok
Cara mencegah rambut rontok, cara mencegah kebotakan, tips mencegah kerontokan rambut
Image by kumpulantips.info

Rambut anda mengalami kerontokan? Cobalah beberapa makanan ini. Kerontokan pada rambut bisa dialami siapa saja. Banyak faktor yang dapat memicu terjadinya hal ini. Seperti stres, usia, makanan, dll.  Yang paling ditakutkan setelah rontoknya rambut adalah kebotakan yang permanen. Seringkali kebotakan akan mempengaruhi tampilan seseorang.


Jika ketakutan itu terjadi, banyak orang berusaha mengobatinya dengan menggunakan aneka macam varian shampoo dan perawatan rambut di salon. Orang – orang pun rela mengeluarkan biaya demi keutuhan rambutnya.


Ternyata selain upaya – upaya diatas, ada cara lain untuk mencegah kerontokan pada rambut dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang tepat. Berikut ini adalah nutrisi yang penting bagi rambut dalam beberapa jenis makanan.
Protein
Struktur pembentuk utama rambut adalah protein. Setiap helai rambut mengandung protein. Sehingga jika rambut kekurangan protein, kerontokan adalah salah satu konsekuensinya. Untuk menjaga asupan protein rambut, tentunya anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Contohnya, telur, ikan, daging ayam, tahu, dll. Jika memilih makanan yang mengandung protein, sebaiknya yang kandugan lemaknya rendah. Karena akan mempengaruhi salah satu hormon yaitu testoteron yang terdapat pada pria dan akhirnya memicu rontoknya rambut.
Zat besi
Dalam hal ini zat besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin. Ini adalah bagian dari struktur darah yang fungsinya sebagai alat transportasi oksigen ke seluruh organ tubuh manusia. Dengan demikian, jika hemoglobin bagus, aliran oksigen ke seluruh tubuh akan lancar dan mampu merangsang tumbuhnya rambut. Ada beberapa contoh makanan yang kaya akan zat besi. Misalnya telur, sayuran hijau, kismis, dll. Anda bisa mencoba beberapa jenis makanan ini.
Zinc
Dalam tubuh manusia, Zinc berperan dalam produksi sel dan keseimbangan hormon sehingga mempengaruhi pertumbuhan rambut. Seseoang yang mengalami kebotakan disebabkan karena kurangnya Zinc dalam tubuhnya. Untuk menjaga akar rambut tetap kokoh, inilah tugas Zinc. Di dalam kelenjar rambut, Zinc mengikat akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok. Makanan seperti udang, kerang, daging unggas, dan kacang adalah makanan yang kaya akan kandungan Zinc. Jika anda masih khawatir dengan kerontokan rambut, anda bisa mencoba makanan ini.
Itulah beberapa saran yang patut anda coba agar rambut anda tidak rontok. Semoga bermanfaat.
Source: Tim Naviri, 2015. 1001 Makanan Sehat. PT Gramedia, Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.