Home Artikel Kesehatan Cara Mudah Atasi Sembelit

Cara Mudah Atasi Sembelit

Sembelit adalah salah satu penyakit pencernaan yang membuat penderitanya cukup risau. Sembelit terjadi karena kelainan pada sistem pencernaan yang membuat tinja mengeras sehingga sulit untuk disekresi.

806
0
SHARE
Cara mudah atasi sembelit, makanan yang dapat mengatasi sembelit
Image by nikshana.blogspot.com

Sembelit adalah salah satu penyakit pencernaan yang membuat penderitanya cukup risau. Sembelit terjadi karena kelainan pada sistem pencernaan yang membuat tinja mengeras sehingga sulit untuk disekresi.

Penyakit ini memang tergolong ringan, namun dapat menyebabkan kesakitan yang lumayan. Jika sembelit masih belum parah, perut penderitanya tersa kembung bahkan menyebebkan mual-mual. Jika sembelit ini sudah parah, biasanya akan memicu kanker usus yang menyebabkan beban tambahan bagi penderita sembelit.

Baca Juga : Resep Mujarab Untuk Turunkan Hipertensi

Sebelum terjadi hal itu, sebaiknya segera melakukan pencegahan. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah. Ternyata sembelit bisa diatasi dengan mengkonsumsi beberapa makanan tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa makanan tersebut.

Air

Salah satu cara untuk mengatasi sembelit adalah dengan cara minum air putih. Kurangnya cairan dalam tubuh menjadi pemicu datangnya sembelit. Selain itu makanan yang mengandung banyak cairan seperti jus buah juga dapat dikonsumsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Buah-buahan

Beberapa buah-buahan dapat dikonsumsi untuk mengatasi sembelit. Salah satu contohnya adalah papaya. Telah lama buah papaya ini dipercaya sebagai buah yang efektif untuk mengatasi sembelit. Pepaya mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga mampu untuk menggantikan cairan tubuh. Selain papaya, buah pir dan nanas juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.

Biji rami

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam rami ini mampu menjaga kesehatan tubuh. Untuk mengkonsusmi biji rami, kita bisa menambahkannya pada susu atau sereal.

Buah kering

Tidak hanya buah-buahan yang segar dan mengandung banyak air yang baik dikonsumsi untuk mengatasi sembelit. Namun, ternyata buah-buahan kering seperti kurma, kismis, dan buah ara juga mampu mengatasi sembelit. Buah kering ini efektif untuk mengatasi iritasi yang dialami usus besar.

Sayuran

Seperti yang kita ketahui bersama, sayuran sangat penting untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, untuk membasmi sembelit, sayuran yang dapat dipilih adalah brokoli, wortel, dan bayam. Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, sebaiknya mengkonsumsi sayuran ini dalam keadaan segar bahkan lebih baik jika sayuran ini belum dimasak.

Demikianlah makanan-makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi sembelit. Semoga bermanfaat.

Health Care Personal Consultation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.