Home Artikel Kesehatan Cara Ampuh Menghindari Mata Lelah

Cara Ampuh Menghindari Mata Lelah

Tidak hanya tubuh saja yang bisa mengalami kelelahan, namun perlu kita ketahui bahwa mata juga bisa mengalaminya. Mata lelah adalah suatu kondisi dimana mata terlalu lama berada di hadapan komputer atau mata di paksa bekerja pada saat ngantuk. Agar aktivitas tidak terganggu oleh mata lelah, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara menghindari mata lelah.

683
0
SHARE
Mata lelah, menghindari mata lelah, cara menghindari mata lelah
Image by cantiksehatgue.blogspot.com
Tidak hanya tubuh saja yang bisa mengalami kelelahan, namun perlu kita ketahui bahwa mata juga bisa mengalaminya. Mata lelah adalah suatu kondisi dimana mata terlalu lama berada di hadapan komputer atau mata di paksa bekerja pada saat ngantuk. Agar aktivitas tidak terganggu oleh mata lelah, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara menghindari mata lelah.

Dalam kehidupan sehari-hari, mata lelah adalah suatu akibat yang ditimbulkan dari penggunaan mata dalam kurun waktu yang lama tanpa istirahat. Masalah mata ini sering dihadapi oleh orang yang bekerja di depan komputer atau orang yang mengendarai mobil terlalu lama. Beberapa hal tersebut sangat rentan membuat mata menjadi terasa lelah.

Baca juga: Serangan Mata Plus Pada Anak Kecil

Beberapa gejala akan muncul saat mata mengalami kelelahan seperti, mata terasa nyeri, perih, dan gatal-gatal. Tidak hanya itu, mata lelah juga kadang-kadang menyebabkan mata berair dan pandangan menjadi kabur. Tentunya hal ini akan sangat menyiksa apalagi saat sedang melakukan pekerjaan yang penting. Beberapa gejala lainnya juga akan dirasakan oleh bagian tubuh lainnya semisal punggung dan leher yang terasa nyeri, bahkan kadang-kadang kepala akan terasa pusing jika mata sudah mengalami kelelahan.

Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan mata lelah. Mulai dari mengendarai mobil dalam jangka waktu yang lama, metatap layar komputer atau gadget terlalu lama, terlalu lama membaca sesuatu, melihat di dalam ruang yang kurang pencahayaan, dan mata terkena cahaya yang terlalu terang sehingga mata menjadi silau. Selain itu masih banyak lagi faktor penyebab mata lelah.

Agar mata lelah tidak terjadi, beberapa hal bisa dilakukan. Seperti contohnya, jika anda adalah seorang pekerja komputer, usahakan untuk mengatur pencahayaan komputer sebelum menggunakannya. Selain itu menggunakan alat yang bisa mengurangi paparan sinar layar komputer bisa digunakan. Jika memang akan bekerja dalam waktu yang lama, jarak antara mata dan layar komputer juga tetap harus diperhatikan. Jarak yang ideal antara mata dan layar komputer adalah 50-60 cm. Hal ini dilakukan untuk menjaga cahaya yang masuk ke mata tidak terlalu banyak.

Selain mengatur pencahayaan komputer, ada baiknya untuk mengatur pencahayaan ruangan yang kita pakai untuk bekerja. Sebisa mungkin untuk mengatur pencahayaan ruangan yang ideal sehingga tidak membuat mata menjadi silau. Dan hal yang terpenting harus dilakukan adalah beristirahat dengan teratur setiap 20 menit. Hal ini akan membuat mata anda rileks setelah menatap komputer dalam waktu yang lama sehingga mata tidak akan terganggu karena kelelahan.

Jika mata sudah terlanjur mengalami kelelahan, beberapa tips berikut ini bisa dicoba untuk mengatasinya. Yang pertama adalah saat sudah terlalu lama membaca, coba kedip-kedipkan mata sesering mungkin. Jika memang memungkinkan, beristirahatlah sejenak dan lakukan pijatan kecil di sekitar pelipis mata agar otot-otot di sekitar mata menjadi rileks kembali. Hal ini juga bisa dilakukan ketika bekerja terlalu lama di depan komputer. Hal lain yang perlu dilakukan adalah dengan memperjelas resolusi layar dan memperbesar ukuran font agar mata tidak terlalu berat untuk melihat objek yang kecil. Ketika mata terasa kering dan perih, obat tetes air mata buatan bisa digunakan untuk melumasi mata.

Mata lelah memang bukan penyakit yang serius. Biasanya mata lelah akan hilang dengan cara istirahat atau mengikuti anjuran-anjuran diatas. Namun jika gangguan mata ini terus berkelanjutan, pergilah ke dokter dan konsultasikan masalah anda. Semoga bermanfaat.

Konsultasikan kesehatan anda di Health Care Personal Consultation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.