Home Buleleng Round Up BWS Mulai Bersihkan Penyumbatan Terowongan Pembagi Air Subak di Desa Lokapaksa

BWS Mulai Bersihkan Penyumbatan Terowongan Pembagi Air Subak di Desa Lokapaksa

49
0
SHARE

Banyuning, Balai Wilayah Sungai, BWS Bali-Penida mulai membersihkan penyumbatan yang terjadi pada terowongan pembagi air, BSA 5 yang berlokasi di Desa Lokapaksa Kecamatan Seririt.

Harapan masyarakat petani di wilayah Buleleng untuk bisa bercocok tanam sesuai musim tampaknya akan segera menjadi kenyataan. Betapa tidak belasan tahun tersumbat, kini terowongan pembagi air di desa Lokapaksa Rabu (11/07) mulai diperbaiki.

Pejabat Pembuat Komitmen, PPK Bidang Irigasi dan Rawa BWS-Bali Penida Made Denny dihubungi via telepon menjelaskan sesuai kesepakatan dengan karma subak setempat, pengerjaan dilakukan mulai rabu (11/07). Sejumlah peralatan penyedotan lumpur telah didrop ke Lokapaksa sejak Senin lalu. Hingga akhirnya rabu pengerjaan awal telah dilakukan. Dari hasil pengerjaan terdapat endapan sampah dan lumpur yang mulai mengeras mengingat penyumbatan terowongan terjadi belasan tahun

Pejabat Pembuat Komitmen, PPK Bidang Irigasi dan Rawa BWS-Bali Penida Made Denny  mengaku belum bisa memastikan kapan pekerjaan itu bisa dirampungkan. Hal ini mengingat kondisi di dalam terowongan belum bisa dipastikan. “Kita belum bisa estimasi. Kalau sudah ada pola yang benar metode kerjanya seperti apa baru bisa diperkirakan berapa lama. tapi sementara kita drop dulu alat disana”,ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumya daerah aliran sungai sepanjang satu kilometer lebih ditutup dan dijadikan jalan umum. Namun sejak belasan tahun lalu sungai itu tersumbat oleh sampah dan endapan lumpur sehingga ratusan hectar lahan di kawasan kecamatan Seririt dan gerokgak mengalami kekeringan. Adapun wilayah yang dialiri oleh sungai tersebut meliputi empat subak mulai dari Desa Banjar Asem meliputi Subak Pangkung Kunyit, Subak Tegallenga, Subak Buluh, Subak Lebah, desa Tukad Sumaga, subak Tinga-Tinga, dan subak di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.