Home Buleleng Round Up BPBD Buleleng Mulai Petakan Kerawanan Letusan Gunung Agung

BPBD Buleleng Mulai Petakan Kerawanan Letusan Gunung Agung

536
0
SHARE
Berita Buleleng Terbaru, Berita Buleleng Hari Ini
Image by unilunlin.com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng mulai memetakan titik-titik kerawanan akibat dampak yang ditimbulkan, jika gunung agung meletus, utamanya sejumlah kawasan di Buleleng Timur.

Singaraja, Sebagai langkah antisipasi terhadap dampak yang ditimbulkan jika aktifitas gunung agung meningkat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng telah memetakan sejumlah dampak kerawanan yang ditimbulkan khususnya di wilayah Kabupaten Buleleng termasuk berharap masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaannya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng, I Made Subur, Senin siang mengungkapkan, peningkatan aktifitas gunung agung hingga pada level yang tertinggi akan memberikan dampak yang luas ke seluruh bali termasuk di Kabupaten Buleleng, sehingga langkah-langkah kesiapsiagaan akan terus dilakukan termasuk melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. “Pasti berdampak seluruh Bali. Gunung Agung meletus dulu kan sampai ke luar negeri letusannya,” ujar I Made Subur.

Kalak BPBD Buleleng Made Subur mengatakan, BPBD Buleleng telah memberikan sosialisasi terkait dengan berbagai ancaman bencana alam kepada masyarakat sehinga berharap dengan sosialisasi itu telah dilakukan upaya antisipasi secara dini terhadap dampak-dampak yang ditimbulkan. “Yang jelas secara sosialisasi kemarin dampak resiko bencana semua pasti kita sudah sampaikan ke kecamatan – kecamatan bahwa kita ada pada daerah rentan karena ada gunung merapi. Termasuk Batur juga masih aktif, ini juga kita harus waspadai,” tambahnya.

Walaupun Buleleng dalam kondisi aman dengan peningkatan aktifitas gunung agung yang saat ini telah dinyatakan berada dalam level waspada, namun upaya-upaya dini untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan harus dapat dilakukan, termasuk nantinya memberikan bantuan terhadap evakuasi warga dari karangasem, khususnya di daerah perbatasan di Buleleng Timur. (tha/ea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.