Home Buleleng Round Up Bobol Enam Bengkel, Empat Maling Dibekuk Polisi

Bobol Enam Bengkel, Empat Maling Dibekuk Polisi

60
0
SHARE

Bungkulan, Membobol dan menguras isi bengkel di enam lokasi secara terpisah, empat pelaku aksi pencurian atau maling dibekuk polisi, bahkan satu diantaranya masih dibawah umur. Kasus ini terungkap dari laporan pemilik bengkel di Desa Jagaraga dan Desa Bungkulan yang menjadi sasaran keempat pelaku.

Menyikapi laporan dua pemilik bengkel yang menjadi sasaran aksi pencurian, diantaranya di Dusun Dauh Munduk Desa Bungkulan dan Dusun Kauh Luan Desa Jagaraga, Unit Reskrim Polsek Sawan akhirnya mengungkap aksi pembobolan bengkel di enam lokasi, bahkan perbuatan empat pelaku dikuatkan dengan barang bukti yang telah dijual ke sejumlah lokasi rongsokan.

Empat pelaku yang ditangkap secara terpisah itu diantaranya, Kadek Dwi Bayu Saputra (24) warga Dusun Tegal Desa Sangsit, Gede Sukrayasa alias Bletok (31) warga Dusun Badung Desa BungkulanĀ  dan Dika Ristanto (31) warga Desa Glagah Agung Banyuwangi Jawa Timur serta satu pelaku dibawah umur KS (16) warga Desa Bungkulan. Untuk sementara keempat pelaku masih ditahan di Mapolsek Sawan.

Kapolsek Sawan AKP I Ketut Karwa didampingi Kasubag Humas Polres Buleleng, Iptu Gede Sumarjaya memaparkan, setelah mendapatkan pengaduan masyarakat terkait aksi pencurian langsung melakukan penyelidikan dan penyidikan, awalnya polisi mengetahui keterlibatan Dwi Bayu Saputra hingga kemudian dikembangkan dan menangkap tiga pelaku lainnya secara terpisah. “Dan ini kita kembangkan dan mendapat tersangka lagi 3, dari 4 tersangka yang kita introgasi 1 orang dibawah umur usianya masih 16 tahun dari pengembangan ini saya mendapatkan beberapa barang bukti,”ujarnya.

Kapolsek Sawan Ketut Karwa mengatakan, dari pengembangan yang dilakukan diketahui para pelaku secara terpisah maupun berkelompok dan individu juga melakukan aksi pencurian pada sejumlah bengkel di Desa Jagaraga dan Desa Bungkulan, sehingga kasus tersebut masih terus dilakukan pengembangan. “Empat bengkel di Bungkulan dan bengkel di Jagaraga dan ada 4 tempat yang mereka lakukan perseorangan dan ada yang dilakukan 3 orang,”ungkapnya.

Dwi Bayu Saputra dalam keterangannya menyebutkan, aksi membobol bengkel itu direncanakan oleh dirinya dan mengajak tiga temannya untuk melakukan aksi kejahatan tersebut dengan berkumpul dirumahnya sebelum melakukan aksi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan Polsek Sawan, para pelaku melakukan aksi pencurian di 6 (enam) TKP dengan menyasar empat buah mesin pompa air yang semuanya dijual satu persatu kepada pembeli rongsokan keliling yang orangnya tidak dikenal. Pencurian pompa air itu dilakukan pelaku di bengkel di di Dusun Tegal, Desa Sangsit, Dusun Segara Desa Girimas dan dua buah pompa di Dusun Dauh Munduk Desa Bungkulan, bahkan terungkap juga aksi pencurian uang tunai 4 juta rupiah di sebuah warung di Desa Girimas.

Sementara dari penanganan yang dilakukan satu pelaku yang masih dibawah umur dilakukan diversi dan tiga pelaku lainnya dilakukan penahanan di Rumah Tahanan Mapolsek Sawan dan dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 3 dan 4 KUHP, dengan penjara pidana paling lama 7 (tujuh) tahun penjara.(tha/dpa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.