Home Artikel Kesehatan Berhenti Merokok Tidaklah Sulit Jika Melakukan Hal-Hal Ini

Berhenti Merokok Tidaklah Sulit Jika Melakukan Hal-Hal Ini

Dengan berhenti merokok, bukan hanya segi ekonomi yang bisa dihemat, namun dampak yang lebih besar yakni pada kesehatan puna akan lebih dapat dirasakan.

1325
0
SHARE
cara berhenti merokok, manfaat berhenti merokok
image by health.clevelandclinic.org

Berhenti Merokok Tidaklah Sulit Jika Merokok sudah seperti gaya hidup yang tidak dapat dilepaskan dari kalangan masyarakat banyak. Berapa pun harga rokok, pecandu yang sudah akut akan tetap berusaha untuk membelinya.

Banyak dari perokok yang pesimis berpikir merokok ataupun tidak, jika sudah saatnya ajal menjemput pasti akan menghadap Tuhan. Namun, banyak pula yang berpikir untuk keluar dari lingkaran gaya hidup yang sangat merugikan ini.

Dengan berhenti merokok, bukan hanya segi ekonomi yang bisa dihemat, namun dampak yang lebih besar yakni pada kesehatan puna akan lebih dapat dirasakan. Berhenti merokok memang bukan hal mudah untuk dilakukan, apalagi bagi mereka yang merupakan perokok berat, namun jika anda memiliki niat yang besar untuk berhenti, maka segala hal pasti akan terasa lebih mudah. Berikut beberapa tips yang dapat anda ikuti untuk berhenti merokok, diantaranya;
Mengetahui diri sendiri
Kenalilah hal-hal apa saja yang membuat kamu ingin merokok, atau pemicu utama untuk merokok. Tulis sebanyak-banyaknya faktor tersebut, mungkin faktor pergaulan dimana banyak temanmu yang merokok sehingga kamu juga ikut-ikutan merokok, atau hanya sebatas numpang keren dengan menunjukkan seberapa cool-nya kamu dengan rokokmu. Setelah kamu menulis pemicu tersebut, cobalah hindari apa-apa saja yang menjadi pemicunya.
Mencari kebiasaan baru
Cobalah mencari suatu hal baru yang belum pernah atau jarang kamu lakukan untuk membuatmu lupa dengan merokok. Seperti misalnya, jika kamu terbiasa merokok setal makan atau merokok sambil ngopi, mungkin kamu bisa mengganti rokok dengan cemilan lain yang sehat.
Tetaplah sibuk
Jagalah dirimu agar tetap sibuk beraktivitas, karena umumnya keinginan untuk merokok muncul karena kamu tidak memiliki hal untuk dikerjakan. Hal-hal positif bisa kamu kerjakan, seperti misalnya membersihkan rumah, membaca, berolahraga, dan hal lain yang bisa membuatmu lupa untuk merokok.
Tetaplah bergerak
Banyak yang bilang denga berhenti merokok mereka merasa stamina mereka mengalami penurunan. Hal itu memang benar, namun hanya terjadi sementara waktu saja karena penyesuaian tubuh kita. Jadi untuk mengembalikan kembali stamina tubuh yang turun, tetaplah bergerak, dengan melakukan olahraga ringan secara teratur maka alhasil stamina mu akan terjaga.
Nah, itulah dia hal-hal yang dapat kamu ikuti jika kamu memiliki keinginan yang kuat untuk berhenti merokok. Karena seperti yang kita ketahui jika rokok tidaklah hanya berbahaya untukmu, tetapi juga orang-orang disekitarmu. Jadi ayo berhenti merokok!
Semoga artikel ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.