Home Buleleng Round Up Belum Pralina Ogoh-Ogoh MMDP Akan Kunjungi Tiap Desa Pakraman

Belum Pralina Ogoh-Ogoh MMDP Akan Kunjungi Tiap Desa Pakraman

39
0
SHARE

Banjar Tegal, Majelis Madya Desa Pakraman (MMDP) Kabupaten Buleleng akan berkoordinasi dengan kelian desa terkait ogoh-ogoh yang masih terpajang di desa masing-masing.

Ogoh-ogoh yang di buat untuk merepresentasikan bhutakala biasanya akan di arak beramai-ramai oleh truna –truna desa pakraman setempat saat hari pengerupukan. Setelah diarak keliling banjar ogoh-ogoh wajib untuk di pralina atau di musnahkan sehingga sifat-sifat buruk di dalam diri ikut dihilangkan.

Namun dari tahun ketahun masih saja ada beberapa ogoh-ogoh yang masih terpajang bahkan setelah hari raya nyepi terlewati. Ketua MMDP Kabupaten Buleleng Dewa Putu Budarsa ditemui di ruang kerjanya Rabu (13/03) mengatakan kebanyakan desa pakraman merasa kasihan jika harus memusnahkan ogoh-ogoh tersebut.

Atas hal itu MMDP akan melakukan pemanggilan terhadap kelian desa pakraman yang diwilayahnya masih terpajang ogoh-ogoh untuk segera di musnahkan dengan cara di bakar di tempat yang telah ditentukan.

Lebih lanjut Ketua MMDP Buleleng Dewa Putu Budarsa menghimbau agar semua kelian desa pakraman mengawasi serta melakukan pemusnahan terhadap ogoh-ogoh di wilayahnya. “Untuk menjaga kestabilan dari desa pakramannya dalam artian mencegah hal negatif terjadi di desa. Itu wujud nyata kita untuk mengembalikan bhutakala untuk menjelma menjadi mahluk yang lebih baik”,ungkapnya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.