Home Buleleng Round Up Banyak Guru di Buleleng Belum Memiliki NUPTK

Banyak Guru di Buleleng Belum Memiliki NUPTK

37
0
SHARE

Banjar Tegal, Selain pemasalahan kekurangan guru PNS, banyak guru honor yang belum memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Permasalahan guru yang belum memiliki NUPTK menjadi konsen Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng. Masih banyak guru honor yang belum memiliki nomor unik tersebut sehingga akan berimbas pada honor yang akan mereka dapatkan. Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng Made Astika Kamis pagi menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mencari solusi permasalahan tersebut. “Guru honor yang hampir 470-an pasti tidak memiliki NUPTK, karena minimal ada surat kontrak dari Eselon II yaitu Kepala Dinas, dan masa kerja mereka minimal 2 tahun. Jika tidak memiliki NUPTK maka pusat akan menganggap mereka tidak resmi mengabdi, padahal melihat resminya itu melalui dapodik,”ungkapnya.

Sekretaris Disdikpora Buleleng Made Astika menambahkan guru honor di sekolah swasta langsung memiliki NUPTK karena SK Guru Tetap Yayasan (GTY) dikeluarkan oleh lembaga. Namun demikian Disdikpora belum bisa memastikan jumlah guru honorer yang belum memiliki NUPTK karena belum ada hal-hal administratif yang membutuhkan NUPTK. “Menurut juknis terbaru guru honor disekolah adalah yang memiliki NUPTK, yang pasti memiliki NUPTK ada di sekolah swasta karena mereka bisa mengusulkan dan memang masing-masing lembaga yang mengeluarkan GTY,”imbuhnya.

Sementara itu meskipun formasi guru pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten selalu diusulkan pemerintah daerah setiap tahunnya, namun Kabupaten Buleleng masih kekurangan guru untuk mengajar di sekolah. Setiap tahunnya kekurangan guru PNS semakin bertambah karena semakin banyak guru yang memasuki masa pensiun. Menyiasati kekurangan itu pemerintah daerah telah membantu sekolah dari segi pembiayaan dengan merekrut hampir 3000 guru kontrak. Sekdisdikpora Made Astika mengatakan tahun ini ada 175 formasi guru PNS yang akan terisi.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.