Home Buleleng Round Up Bank Sampah Dusun Gambuh Barter Sampah Dengan Sembako

Bank Sampah Dusun Gambuh Barter Sampah Dengan Sembako

67
0
SHARE

Selat, Sebagai upaya merangsang kesadaran masyarakat untuk memilah sampah berbasis sumber, Bank Sampah Karya Dharma Bhakti Gambuh barter sampah dengan sembako.

Bank Sampah Karya Dharma Bhakti yang berlokasi di Banjar Dinas Gambuh, Desa Selat, Kecamatan Sukasada melaksanakan langkah inovatif dalam menyikapi Pandemi Covid-19 serta merangsang kesadaran masyarakat dalam menjaga kbersihan lingkungan dari sampah plastik dengan melaksanakan penukaran sampah plastik dengan paket sembako yang dilaksanakan Senin, 29 Juni 2020.

Sebanyak 790 Kg beras, 48 paket sayur mayur dibagikan kepada warga masyarakat Banjar Dinas Gambuh yang sejak pagi sudah berduyun-duyun membawa sampah plastik dalam karung plastik untuk ditukarkan dengan paket sembako seperti yang diungkapkan Ketua Bank Sampah Karya Dharma Bhakti Gede Budi  Artawan.”Motivasi sebenarnya karena sekarang lagi pandemi, saya pribadi bersama tim yang lain berusaha menggalang dana untuk pengadaan sembako. Rencananya tidak pada saat pandemi saja, namun selanjutnya juga akan dilakukan jika ada sponsor,”ungkapnya.

Lebih lanjut  Budi Artawan menjelaskan, kedepan  pihaknya akan mengganti sembako menjadi tabungan sampah sehingga bisa lebih bermanfaat dan bisa lebih menjangkau masyarakat lebih luas.”Kedepan kami akan berusaha mengubah penerima sembako, mungkin setelah pandemi penerimanya berubah, yang benar-benar membutuhkan saja,”bebernya.

Selain penukaran sampah, kegiatan diisi juga dengan penyuluhan terkait penangan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kabid Penaatan dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup (PKLH ) DLH Buleleng Cok Aditya Wira Putra bersama staff.

Kabid Penaatan dan PKLH DLH Buleleng Cok Aditya Wira Putra mengungkapkan, kedepan diharapkan Bank Sampah yang ada di Desa Selat bisa berlanjut sehingga pemilahan sampah bisa dilakukan berbasis sumber.”Kita akan terus lakukan pendampingan agar Bank sampah terus berlangsung. Dan hari ini total sudah 50 warga tidak mampu yang diberikan sembako,”terangnya.(eta/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.