Home Buleleng Round Up Awasi Pemutakhiran Data Pemilih Panwas Gelar Bimtek

Awasi Pemutakhiran Data Pemilih Panwas Gelar Bimtek

13
0
SHARE

Kalibukbuk, Guna memaksimalkan pengawasan terhadap pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Buleleng, Panitia Pengawas Pilgub Bali Kabupaten Buleleng menggelar bimbingan teknis kepada para anggota Panitia Pengawas Kecamatan, Panwascam se Kabupaten Buleleng.

Kegiatan yang digelar di Banyualit Lovina Minggu (15/04) bertujuan untuk menekankan kembali tugas dan kewenangan Panwas Kecamatan pada tahapan Pemutakhiran data pemilih. Kegiatan yang menghadirkan narasumber Bawaslu Bali Wayan Widhyardana Putra SE  berlangsung sehari.

Ketua Panwas Buleleng Ketut Ariyani menjelaskan bimbingan teknis dengan melibatkan para panwascam se-Kabupaten Buleleng untuk kembali mengingatkan peran Panwascam dalam tahapan pemutakhiran data pemilih. Pasalnya data ini sering dijadikan alat bukti permulaan dalam menggugat hasil pemilihan. Sebab pada tahapan inilah kunci awal sukses tidaknya pelaksanaan pemilihan. Jika data amburadul maka diyakini hasil pemilihan tidak legitimate. Kenyataan ini menjadi potensi kerawanan saat pemilihan Gubernur bali 27 Juni mendatang. Oleh karenanya adalah tugas Panwas Kecamatan untuk menyisir dugaan pelanggaran yang terjadi. Ada beberapa Fokus pencermatan panwas pada tahapan pemutakhiran data pemilih diantaranya pemilih fiktif dan pemilih yang tercatat lebih dari satu kali, pemilih yang tidak memenuhi syarat serta kelengkapan administrasi daftar pemilih seperti NIK, alamat dan keterangan disabilitas. Aryani mencontohkan masih adanya warga yang telah meninggal dunia, berubah status menjadi TNI/Polri yang masih tercatat dalam daftar pemilih.

Dalam kesempatan itu ketua Panwas Buleleng Ketut Ariyani mengajak Panwas Kecamatan untuk memaksimalkan peran Pengawas Lapangan yang telah dibentuk dalam rangka membantu tugas pengawasan di desa/kelurahan. “Disini kami menghimbau pada masyarakat seluruh kabupaten buleleng untuk memastikan sudah terdaftar di tps sehingga pada tanggal 27 juni mendatang dapat datang ke tps dan menggunakan hak pilihnya “, ungkapnya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.