Home Buleleng Round Up Antisipasi Pengungsian Dilakukan Secara Kekeluargaan

Antisipasi Pengungsian Dilakukan Secara Kekeluargaan

66
0
SHARE
Berita Buleleng Terbaru

Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui badan Penanggulangan Bencana, BPBD  telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna mengantisipasi kemungkinan terburuk atas meningkatnya aktifitas Gunung Agung di Kabupaten Karang Asem.

Singaraja, Kesiapan itu disampaikan Kepala Palaksana harian, kalakhar BPBD Buleleng Made Subur. Menurutnya BPBD Buleleng ebsama BPBD se-bali telah melakukan rapat koordinasi belum lama ini. Hasilnya mereka diminta melakukan pemetaan terhadap kerawanan yang mungkin ditimbulkan akibat aktifitas Gunung Agung. Tercatata warga terdampak  dalam radius 7 kilometer sebanyak 17.741 orang. Dalam kesempatan itu juga disepakati sistem penampungan pengungsi dengan  kekeluargaa, Sebab jika penampungan dilakukan menggnakan sarana tenda dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatan mengingat erupsi gunung berapi akan membawa angin disertai  debu vulkanik.

Kalakhar BPBD Buleleng Made Subur menambahkan warga Buleleng yang memiliki kedekatan emosional dengan warga Karang Asem dengan terbentuknya Ikatan warga Bugbug, IWB telah menlakukan koordinasi dengan pemerintahan desa di perbatasan antara Karang Asem dan Buleleng yakni di Kecamatan Tejakula. Ditegaskan bahwa sekiranya terjadi erupsi maka mereka yang mengalami disabilitas dan ibu hamil akan menjadi prioritas dalam penanganan. “Kami sudah menghubungi pemerintah desa yang ada di Tembok dan sekitarnya untuk menapung pengungsi apabila terjadi proses pengungsian. Tempat pengungsinya dimana dan jalur evakuasinya harus jelas,” ungkap Made Subur. (wir/ea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.