Home Buleleng Round Up Antisipasi Mahasiswa DO, Undiksha Naikkan Grade D3 ke D4

Antisipasi Mahasiswa DO, Undiksha Naikkan Grade D3 ke D4

23
0
SHARE

Banjar Tegal, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menaikkan grade jenjang D3 ke D4 untuk mengantisipasi mahasiswa Drop Out (DO).

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia memiliki peran strategis dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Sejalan dengan itu Undiksha tidak hanya menawarkan prodi pendidikan,  namun juga non kependidikan, dimana jenjang D3 dinaikkan menjadi D4 melalui revisi kurikulum 2016.

Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd menjelaskan dengan kenaikan grade tersebut dapat memperpendek waktu kuliah tanpa mengurangi kualitas lulusan. Mahasiswa D4 dapat menyelesaikan kuliah dalam kurun waktu 2 tahun sehingga mengurangi masa tunggu untuk mencari pekerjaan.”Selalu berusaha bagaimana kita agar tidak merugikan mahasiswa. Oleh karena itu dengan berubahnya grade d3 ke d4 tidak ada yang drop out. Mungkin karena dia tidak bisa melanjutkan karena ingin bekerja disemester 5 dia keluar mendapatkan ijazah diploma dua dan 1 sertifikat kompetensi. Ini sudah kita atur agar sesuai dengan kebutuhan sekarang dan sesuai dengan perintah kemenristekdikti,”ungkapnya.

Dalam kurikulum baru tersebut mahasiswa D4 akan diberikan magang setiap tahun, sehingga jika lulus maka mahasiswa dibekali dengan 3 ijazah dan 3 sertifikat kompetensi. Kurikulum juga dirancang untuk memaksimalkan praktik mahasiswa di lapangan sehingga lulusan bisa siap kerja.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.