Home Buleleng Round Up Anggaran Buleleng Command Center Diajukan Tahun 2021

Anggaran Buleleng Command Center Diajukan Tahun 2021

47
0
SHARE
foto: Bangunan Buleleng Command Center yang berada satu kawasan dengan kantor Bupati Buleleng.

Banjar Tegal, Gedung Buleleng Command Center (BCC) hingga saat ini belum dapat digunakan karena belum tersedianya interior dan teknologi informasi.

Gedung Buleleng Command Center sejatinya sudah selesai dibangun akhir tahun 2019 lalu. Pembangunan yang menghabiskan anggaran 5 milyar itu tidak lantas bisa langsung digunakan, namun harus dilengkapi dengan interior ruangan dan juga teknologi informasi. Untuk melengkapi itu, dibutuhkan anggaran sekitar 2.5 milyar untuk interior ruangan dan 6.5 milyar untuk teknologi informasi.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si mengatakan anggaran untuk pemenuhan interior dan teknologi informasi telah dipasang pada APBD tahun 2020, namun karena pandemi covid-19, sehingga anggaran tersebut ikut di refocusing.” Anggarannya cukup banyak karena berbasis teknologi tinggi. Kalau ditotalkan butuh 9 milyar dan dimasa covid-19 ini bagi pemerintah daerah kan cukup berat jadi kita paham dan sementara off dulu. Mudah-mudahan tahun depan bisa realisasi minimal interiornya dulu baru teknologinya sehingga kita lebih mudah untuk mengakses data,”ungkapnya.

Kadis Kominfosanti Ketut Suweca mengatakan teknologi yang digunakan akan mempermudah akses informasi dari masing-masing pemangku kepentingan. Dengan teknologi digital maka setiap kegiatan yang berhubungan dengan pembangunan di Buleleng akan lebih efisien dan transparan. “Sebelumnya tanpa teknologi kita banyak sekali menggunakan surat, jadi kedepan ini akan paperless, dan dari segi efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi ini akan jauh lebih bagus. Salah satunya dalam hal kecepatan, contohnya pimpinan memerlukan data jadi tinggal diakses di command center, detik inipun langsung dapat datanya,”imbuhnya.

Sementara untuk SDM, Diskominfosanti telah memiliki 11 orang Sarjana Komputer, 5 diantaranya memiliki keahlian programmer yang akan bertugas untuk mendampingi SKPD yang membutuhkan aplikasi sehinga aplikasi menjadi terintegrasi dan terarah.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.