Home Buleleng Round Up Amdal Pembangunan Bendungan Tamblang Diminta Dikaji Ulang

Amdal Pembangunan Bendungan Tamblang Diminta Dikaji Ulang

12
0
SHARE

 

Banjar Tegal,  Analisa Mengenai Dampak Lingkungan, Amdal atas rencana pembangunan bendungan Tamblang yang berlokasi diantara desa Sawan dan Bila di Kecamatan Kubutambahan diminta untuk dikaji ulang.

Sejumlah pertanyaan muncul saat dilaksanakannya sosialisasi amdal belum lama ini. kesimpulannya para kades meminta agar  Balai Wilayah Sungai BWS Bali Penida meninjau kembali amdal yang telah rampung tersebut. pasalnya masih banyak kejanggalan yang disajikan pada amdal dimaksud.

Kades Tamblang Mangku Nengah Sudarsana Kamis (09/11) di kantor Bupati Buleleng menjelaskan kejanggalan yang terdapat dalam amdal itu diantaranya adanya biota laut serta adanya binatang kangguru yang kemungkinan berpengaruh atas pembangunan bendungan dimaksud. Padahal wilayah yang akan dibangun bendungan Tamblang tidak terdapat biota laut, apalagi binatang kangguru. Para kades mensinyalir amdal yang dipaparkan belum lama ini merupakan copy paste dari amdal pembangunan serupa. Untuk itu para kades meminta agar amdal yang dibuat riil sesuai keadaan kekinian.

Seperti diketahui pasca pembangunan bendungan Titab di Kecamatan Busungbiu, BWS Bali Penida berencana membangun bendungan Tamblang di Kecamatan Kubutambahan. Sesuai rencana pembangunan bendungan yang diharapkan mampu menampung 6,9 juta kubik air akan dibangun tahun 2018 mendatang.  Adapun air baku yang dihasilkan bendungan Tamblang diperkirakan mencapai  600 liter per detik.  Serta diharapkan mampu mengairi lahan irigasi seluas 518 hektare.(Wir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.