Home Buleleng Round Up Abhimanyu-Uttari Gelar Aksi Peduli Lingkungan dan Sesama

Abhimanyu-Uttari Gelar Aksi Peduli Lingkungan dan Sesama

19
0
SHARE

Kubutambahan, Ambalan Abhimanyu – Uttari Gerakan Pramuka yang berpangkalan di SMK Negeri Bali Mandara bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kubutambahan melaksanakan kegiatan gerakan aksi peduli lingkungan dan aksi peduli sesama serta pelatihan relawan pramuka peduli siaga bencana.

Aksi kegiatan yang dilakukan memperingati Hari Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan tema sehari pramuka berbakti dilakukan di Wilayah Lingkungan Dusun Tukad Ampel, Desa Kubutambahan Jumat pagi dengan melibatkan 350 anggota pramuka penegak yang terdiri dari anggota pramuka yang berpangkalan di SMK Negeri Bali Mandara, SMA Negeri Bali Mandara, SMK Negeri 1 Kubutambahan, dan SMA Negeri 1 Kubutambahan. Selain itu, anggota pramuka penggalang dan siaga dari SMPN 1 Kubutambahan dan SD Negeri 8 Kubutambahan sebanyak 32 orang.

Kegiatan yang dibuka Camat Kubutambahan Made Suyasa selaku Kamabiran Kubutambahan ditandai dengan penancapan kapak dan selanjutnya melakukan aksi peduli lingkungan dan aksi peduli sesama. Berbekal sapu, sabit, mesin potong rumput, ember, cangkul, kantong sampah, dan alat kebersihan, seluruh peserta menyasar 3 lokasi kegiatan yang meliputi Jalan SMA/SMKN Bali Mandara sampai pintu masuk Jalan Bali Mandara, Pantai Penyusuhan dan Pura Penegil Darma Kubutambahan.

Bersamaan dengan kegiatan aksi lingkungan, juga berlangsung kegiatan aksi sesama yang dilaksanakan dengan pemberian bantuan sembako berupa beras, gula, minyak, telor dan tepung untuk 25 KK miskin di sekitaran sekolah. Data KK Miskin sebelumnya diperoleh dari hasil rekomendasi  Aparat  Dusun Tukad Ampel dan hasil survei ke rumah penduduk.

Selain untuk memperingati Hari Bapak Pramuka Indonesia, kegiatan ini merupakan implementasi dari Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Kepala SMKN Bali Mandara selaku Ka. Mabigus berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Di samping untuk meningkatkan rasa solidaritas dan persaudaraan anggota pramuka khususnya pramuka se-Kwartir Ranting Kubutambahan dan Kwarcab Buleleng.(tha/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.