Home Buleleng Round Up 50 Pohon Bonsai Ramaikan HUT RI Ke-74

50 Pohon Bonsai Ramaikan HUT RI Ke-74

28
0
SHARE

Banyuasri, Sebanyak 50 pohon bonsai dari penggemar bonsai di Buleleng ikut dalam pameran bonsai serangkaian HUT RI ke-74.

Pameran Bonsai serangkaian HUT RI Ke-74 dipusatkan di Taman Yowana Asri, Banyuasri 14-20 Agustus 2019. Pameran Bonsai oleh Dinas Perkimta Buleleng dengan Rumah Bonsai Indonesia (RUBI) Cabang Bali memang sengaja menampilkan Bonsai dari penggemar bonsai di Singaraja. Walaupun pameran cukup mendadak bagi penggemar bonsai, akan tetapi RUBI Bali mampu untuk menampilkan 50 pohon dari  anggota RUBI Buleleng yang mencapai 70 orang.

Pembina RUBI Cabang Bali Bagus Abian mengaku, untuk pameran minimal harus mempersiapkan tanaman bonsai selama 4 bulan. Event seperti pameran digelar untuk memberikan motivasi dan inovasi kepada penggemar bonsai. Penggemar bonsai diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas dalam menata bonsainya sendiri.

Lebih lanjut Bagus Abian mengatakan kriteria khusus pohon yang dapat dijadikan bonsai adalah berbatang keras dan berumur panjang. Bagus melihat banyak bahan yang berpotensi dijadikan bonsai di Buleleng. Untuk itu ia berharap muncul penggemar-penggemar bonsai baru di Buleleng. “Harapannya ada nama-nama yang munculdari sini, itu akan jadi mata pencaharian juga untuk mereka yang suka membuat pupuk, atau pot bonsainya,”ungkapnya.

Sementara itu Sekdis Disperkimta Buleleng Gede Melandrat, SP berharap masyarakat Buleleng yang tergabung dalam RUBI dapat mengekspresikan seninya dalam menata bonsai. Komunitas RUBI di Buleleng diharapkan dapat bergerak membantu dinas perkimta dalam membuat ruang kreatifitas seni bonsai.

Pameran Bonsai serangkaian HUT RI ke-74 dibuka secara resmi oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Orang nomor satu di jajaran pemkab buleleng itu berharap melalui pameran bonsai muncul generasi muda yang cinta terhadap lingkungan.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.